Covent Garden – Pusat Pertunjukan Jalanan di Jantung Kota London

http://images.google.co.uk/imgres?imgurl=http://www.joozies.net/album6/images/Covent%2520Garden_jpg.jpg&imgrefurl=http://www.joozies.net/album6/pages/Covent%2520Garden_jpg.htm&h=338&w=451&sz=44&hl=en&start=16&um=1&tbnid=12yUiXpVVpBsIM:&tbnh=95&tbnw=127&prev=/images%3Fq%3Dcovent%2Bgarden%26svnum%3D10%26um%3D1%26hl%3Den%26client%3Dfirefox-a%26rls%3Dcom.google:en-US:official%26sa%3DNApabila Anda berencana menjelajahi kota London bersama keluarga atau ingin ber-hang-out bersama sahabat Anda, Covent Garden merupakan salah satu pilihan menarik, berada di pusat kota London yang aktifitasnya selalu hidup baik siang maupun malam terlebih pada akhir pekan. Berbagai tempat belanja, penghibur jalanan, restauran dan café ditawarkan, menjadikan wilayah ini memiliki daya magnet yang kuat untuk para turis.

Sekilas sejarah, sejak tahun 1500-an Convent Garden merupakan lokasi pasar bunga, sayuran dan buah. Pada abad ke-17, Covent Garden yang lebih modern dibangun kembali oleh Earl of Bedford yang ke-4 dan didesain oleh Inigo Jones, seorang arsitek Renaissance Inggris yang pertama, dimana rancangannya adalah suatu bangunan perumahan dengan area ruang terbuka di bagian tengah (disebut piazza) yang digunakan sebagai pasar. Pada tahun 1974 akhirnya pasar ini dipindahkan ke lokasi baru bernama New Covent Garden Market di daerah Nine Elms.

Untuk berbelanja, Covent Garden menyediakan sarana yang cukup lengkap, bahkan berbagai barang unik dapat ditemukan di tempat ini, baik di dalam Apple Market maupun Jubilee Market. Selain tersedia berbagai tempat belanja pakaian dari merek terkenal, perhiasan dan kosmetik, juga terdapat toko yang jarang Anda jumpai di tempat lain, seperti toko mainan anak yang unik, benda antik, sampai toko yang menjual memorabilia orisinil penyanyi rock klasik asal Inggris. Jika Anda enggan berbelanja, menyaksikan pertunjukan jalanan dapat menjadi kegiatan yang mengasyikan. Pertunjukan stand-up comedy, penyanyi dari berbagai jenis aliran musik, pemain pantomim, pemain ketangkasan bola (juggler), pesulap dan lain sebagainya hampir dapat dipastikan selalu hadir di sini. Bahkan pertunjukan jalanan ini seringkali turut mengajak partisipasi dari para pengunjung, membuat suasana menjadi lebih hidup dan meriah. Walaupun hiburan ini gratis, tentunya penghibur jalanan ini mengharapkan pemberian tip dari para penonton.

Di bagian lain terdapat bangunan Royal Opera House yang terkenal dengan pertunjukan teater dan baletnya yang merupakan salah satu gedung pertunjukan tersibuk di dunia. Sejarah transportasi kota London dapat pula Anda ketahui dari London Transport Museum yang tak jauh letaknya. Sayang untuk beberapa saat museum ini ditutup untuk perbaikan menyeluruh hingga musim gugur tahun 2007. Bagi Anda penggemar musik, terdapat pula restauran yang menampilkan live band dan musik jazz setiap minggunya, jika ingin datang sempatkan untuk memesan tempat terlebih dahulu.

Menuju lokasi ini dengan tube relatif mudah, selain melalui stasiun Covent Garden, dapat pula melalui stasiun Leicester Square, Holborn, Tottenham Court Road, Charring Cross dan Temple.  Bila menggunakan bis, tersedia sekitar 30 bis yang melewati daerah terdekat Covent Garden. Kalau Anda memiliki banyak waktu, berjalan kaki adalah pilihan yang terbaik dan menyenangkan agar Anda dapat mengetahui berbagai sisi Covent Garden lebih dalam lagi. Gunakanlah peta atau lihat arah petunjuk jalan yang sangat mudah diikuti.  Jangan lupa untuk tetap berhati-hati, pastikan tas atau dompet selalu dalam penjagaan Anda, untuk menghindari kecurian.  

Informasi lebih lanjut: www.coventgarden.uk.com  atau http://www.coventgardenmarket.co.uk

*Oleh Titi Iman, rangkuman dari berbagai sumber                                          

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s