Blackpool Illumination (66 Hari Dalam Siraman Cahaya)

http://www.bargainbreaksblackpool.co.uk/images/whatson/illuminations.jpgBlackpool Illumination adalah sebuah peristiwa tahunan terkenal di Inggris yang selalu menarik jutaan wisatawan untuk berkunjung. Parade lampu selama 66 hari pada akhir Agustus/awal September hingga November yang digelar di sepanjang jalan yang bersisian dengan pantai, tahun 2007 ini diperkirakan akan menarik hingga 3,5 juta pengunjung.

Konsep awal event ini tercetus pada tahun 1879 dimana pemerintah setempat ingin menerangi jalanan di Blackpool dengan lampu listrik secara meriah di malam hari. Cahaya lampu tersebut dikenal dengan sebutan “artificial sunshine” yang bisa jadi merupakan peristiwa penerangan jalan dengan lampu elektrik pertama di dunia.

Jalanan di sepanjang pantai Blackpool sepanjang kurang lebih 10 km yang dikenal dengan sebutan “promenade”, menjadi jalanan utama dengan hiasan lampu-lampu indah dengan berbagai bentuk dan dekorasi. Jutaan bola lampu aneka warna dirangkai dalam berbagai bentuk menarik sepanjang Promenade, yang berawal dari Manchester Square hingga Cocker Square.                                                                                                                 

Segala jenis pertunjukan lampu bisa kita saksikan, seperti laser, neon, fibre optic, searchlights dan floodlighting. Pada tahun 2005 lalu lebih dari 500 desain lampu disajikan. Di antaranya beberapa pasang hiasan kayu berhias bola lampu, ada juga berbagai bentuk karakter yang terlihat seperti bergerak dan berkedip-kedip. Rangkaian sinar lampu tersebut akan terasa seperti bangunan cahaya yang sangat terang – dengan detail menara dan pantai Blackpool yang menyatu. Semua hotel yang terletak di sisi timur Promenade terbias cahaya lampu yang menciptakan aneka warna dengan sensasi tersendiri.

Berjalan kaki di sepanjang trotoar Promenade yang bersisian dengan pantai, ataupun berkendara dengan mobil, bisa menjadi pilihan tour menikmati siraman cahaya lampu yang sangat berkesan. Tetapi jika ingin menikmati sensasi lain, kita bisa mencoba trem yang merupakan trem tertua di dunia. Trem yang tersedia didekorasi dengan tema khusus. Di antaranya Wild West tram, Space Rocket dan the Trawler.

Selain pertunjukan lampu, aneka atraksi di sekitar Blackpool Tower juga bisa dinikmati, di antaranya sirkus, roller coaster, serta pertunjukan kehidupan laut yang bisa disaksikan di The Sea Life centre yang sangat ideal untuk dinikmati seluruh keluarga. Terdapat pula kebun binatang, Water Park, dan perlombaan kembang api yang diikuti oleh beberapa negara peserta. Masih banyak lagi aneka tujuan wisata yang menyajikan atraksi menarik lainnya. Bahkan jika ingin berbelanjapun, terdapat shopping centre serta aneka toko souvenir yang bisa dikunjungi.

Jarak tempuh dari London menuju Blackpool adalah sekitar 4 jam perjalanan darat. Cukup jauh memang, tetapi dengan keindahan pantai Blackpool serta aneka atraksi menarik lainnya, rasanya Blackpool Illumination tahun ini bisa menjadi event pilihan bagi keluarga.

Informasi lebih lengkap dapat diperoleh dari:

http://www.blackpool-illuminations.net/

http://www.attractionsblackpool.co.uk/

*Oleh: Shinta Samudera (dari berbagai sumber)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s