Aubade Anak-anak dalam Rangka HUT RI ke 62

Aubade itu apa? Pertanyaan itu yang kerap kali ditanyakan anak setiap kali menjelang peringatan hari kemerdekaan RI. Mengenalkan lagu nasional kepada anak-anak adalah hal yang tidak mudah, adakalanya mereka tidak tahu irama lagu bahkan arti kata-kata pada lagu tersebut. Sebagai orang tua mengenalkan tanah air dan menanamkan rasa cinta tanah air kepada anak-anak adalah hal yang tidak gampang, terlebih bagi anak-anak yang sebagian hidupnya jauh dari negeri tercinta. Lucu terkadang mendengar mereka melafalkan ejaan Indonesia dengan dialek dan lidah bahasa asingnya. Anak-anak Indonesia di London yang terdiri dari berbagai kalangan baik dari masyarakat Indonesia di UK mau pun keluarga KBRI yang kurang lebih berjumlah 30 orang ini dengan semangat bergabung dalam kelompok aubade,  yang selalu dipertunjukkan pada setiap peringatan hari kemerdekaan RI.

Tentunya mereka perlu berlatih untuk menghafalkan lagu-lagu ini. Ternyata semangat mereka memang luar biasa. Bayangkan walaupun ada di antaranya yang masih berusia empat tahun –dimana rentang usia anak-anak yang mengikuti aubade ini adalah 4 sampai 14 tahun-  namun tetap bertahan sampai latihan berakhir. Yang juga mendebarkan hati para ibu adalah saat mereka berada di barisan khusus untuk mengikuti upacara resmi Peringatan HUT RI ini, dimana mereka tetap tenang dan tertib selama upacara berlangsung. Demikian pula saat berada di atas panggung, anak-anak tampak bersemangat, penuh percaya diri dan bersuara lantang dalam menyanyikan lagu nasional ini.

Lagu kebangsaan yang dinyanyikan oleh anak-anak pada Peringatan HUT RI 17 Agustus 2007 yang lalu adalah lagu Hari Merdeka, Indonesia Pusaka dan Kebyar-kebyar yang kemudian dilanjutkan dengan karnaval mereka dengan pakaian daerah. Bagi anak-anak bisa ikut menyanyi dan berpakain daerah adalah suatu kebanggaan yang patut kita hargai. Walau hanya dilakukan sekali dalam setahun, kesertaan anak-anak Indonesia di London dalam peringatan HUT RI ini membuat kami sebagai orang tua merasa terharu dan bangga.  Kami percaya dimanapun kita berada kecintaan terhadap tanah air Indonesia tetap harus kita pelihara dan kita junjung.

*Oleh: Lita Winadi 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s