Arti Persahabatan

http://cam.qubit.org/users/daniel/Digital/051107YellowRose/original/YellowRose.jpgMasing-masing dari manusia pasti menyadari bahwa sebagai makhluk sosial akan selalu membutuhkan orang lain yang bisa dipercaya sebagai tempat bersandar dan mencurahkan perasaan. Bahkan ada dari mereka yang tidak merasa hidup tanpa ada sahabat di sisinya. Memiliki jalinan persahabatan adalah suatu karunia dari Yang Maha Kuasa, yang sepatutnya dijaga dan dicari makna keindahannya.

Suatu persahabatan dilandasi unsur rasa kecocokan, cinta, kasih sayang, dan saling menghargai di dalamnya. Arti seorang sahabat jauh lebih luas daripada hanya sekedar pertemanan. Teman dapat ditemukan di mana dan kapan saja. Sedangkan mendapatkan sahabat sejati yang selalu berusaha mengerti dan menerima diri kita apa adanya ternyata sangat tidak mudah ditemukan.

Persahabatan yang tulus dapat terjalin tanpa memandang usia, pendidikan, suku bangsa, dan harta kekayaan. Membuat hidup lebih berwarna. Persahabatan pun sepatutnya tidak larut dalam kesenangan dan senda gurau belaka. Mencari sahabat yang selalu menunjuk ke arah kebaikan adalah hal yang utama, karena akan membawa ketentraman dan kebahagiaan di hati kita.

Berempati, berbagi suka dan duka, bersedia untuk mendengar dan membantu menghadapi berbagai permasalahan dan kesukaran akan sangat berarti dalam ikatan persahabatan. Dengan kata lain, kita perlu meneguhkan hati untuk belajar lebih baik lagi menjadi seorang sahabat yang sejati, yakni belajar untuk lebih mengerti, bersikap lebih dewasa dan tidak mementingkan diri sendiri.

Jika seorang sahabat akan pergi untuk pindah ke tempat lain, rasa kehilangan akan menyelimuti kita. Tak ada kata lain selain ucapan terima kasih tak terhingga atas segala kebaikan dan jasanya, serta setumpuk harapan semoga tali silaturahmi tetap terbina, walaupun hanya melalui dunia maya. Sungguh kita akan lebih menghargai arti suatu persahabatan setelah kepergiannya. Kenangan bersama tak akan pernah terlupakan dan sahabat sejati akan tetap selalu dihati……

*Oleh: Titi Iman 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s