Museum Fatahillah

http://images.google.com/imgres?imgurl=http://a248.e.akamai.net/f/248/1229/1d/images.world66.com/fa/ta/hi/fatahillah_museum_gallerythumb&imgrefurl=http://www.world66.com/asia/southeastasia/indonesia/java/jakarta/lib/gallery&h=139&w=185&sz=14&hl=en&start=0&um=1&tbnid=9TvlXB6Nm1-WtM:&tbnh=77&tbnw=102&prev=/images%3Fq%3Dmuseum%2Bfatahillah%26svnum%3D10%26um%3D1%26hl%3Den%26client%3Dfirefox-a%26rls%3Dcom.google:en-US:official%26sa%3DNMuseum Fatahilllah adalah satu museum terbaik di Jakarta. Bangunan kokoh yang merupakan salah satu bangunan tertua berarsitektur Belanda ini menyerupai istana Dam di kota Amsterdam. Selesai dibangun pada tahun 1710 dan dahulu digunakan sebagai Balai Kota (Stadhuis). Pada tahun 1974, gedung ini diresmikan menjadi Museum Fatahillah atau Museum Batavia atau dikenal juga sebagai Museum Sejarah Jakarta.

Terdiri dari 37 ruangan indah yang memamerkan perabotan berupa kursi dan meja bergaya Eropa. Ruangan-ruangan tersebut diberi nama Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang MH Thamrin. Berbagai peta kuno, benda-benda antik peninggalan VOC, meriam si Jagur dan lukisan Jan Pieterszoon Coen ditampilkan, membawa kita ke suasana masa penjajahan dahulu. Sejarah kota Jakarta pun tertuang dalam beberapa peninggalan seperti kapak batu, batu prasasti, gerabah, dan keramik. Budaya Betawi diantaranya diwakili oleh patung berpakaian pengantin adat Betawi, ondel-ondel dan becak.

Di dalam bangunan ini terdapat pula ruangan bawah tanah yang dahulu digunakan pemerintah kolonial sebagai penjara untuk menghukum pejuang kemerdekaan seperti Pangeran Diponegoro. Gedung ini juga memiliki ruang perpustakaan yang memuat koleksi buku sebanyak 12 ribu buah sehingga Anda dapat mengenal kota Jakarta lebih jauh.

Museum Fatahillah terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 2 Jakarta Barat dan dapat dihubungi di nomor telepon +6221 6929101. Jika tidak ada perubahan, harga tiket masuk sekitar Rp. 2.000,- untuk dewasa dan Rp. 600,- untuk anak-anak. Menuju lokasi ini dapat menggunakan bis Trans Jakarta dari terminal Blok M ke arah Stasiun Kota, dilanjutkan dengan berjalan kaki. Di dekat museum ini terdapat pula Museum Wayang, Museum Bahari dan Museum Seni Rupa dan Keramik. Bila ingin beristirahat sejenak di café, tersedia Café Museum yang berada di gedung museum sayap kanan atau Café Batavia di seberang Taman Fatahillah.

*Oleh Titi Iman (dari berbagai sumber)  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s