Wilayah Cornwall Yang Mempesona

image from: http://www.cornwalltouristboard.co.uk/placesToGoWilayah Cornwall yang terletak di Barat Daya mainland England, menjanjikan berbagai pesona untuk dapat Anda nikmati sekeluarga mulai dari kegiatan yang bersifat hiburan sampai ajang pendidikan..

Wilayah Cornwall berhasil menarik minat jutaan pengunjung, bukan hanya dengan keindahan pantainya, tetapi juga dengan castle yang mempunyai nilai sejarah seperti Pendennis Castle dan Restormel Castle,  berbagai museum, wildlife seperti aquarium Bluereef dan Eden Projectnya, sampai theme park tempat Anda memanjakan anak-anak.

Pantai bagian utara Cornwall yang berpasir memiliki gelombang laut yang sangat sesuai untuk melakukan kegiatan surfing, sehingga tidak heran wilayah ini merupakan the best surfing waves di Inggris Raya. Pantai bagian selatan lebih tertutup merupakan bukit karang, teluk  atau muara.

Pada umumnya pantai di Cornwall merupakan pantai alam yang tidak ditopang oleh dinding beton. Dengan pasir yang lembut dan berwarna keemasan tentu sangat ideal bagi anak-anak untuk membangun castle, sementara Anda dapat bermalas-malasan sambil berjemur.

Surfing dan bodyboarding di wilayah ini semakin diminati banyak orang seperti misalnya di  pantai Bude, Polzeath, Newquay, Perranporth, Portreath, St Ives dan Sennen. Seiring dengan itu, masyarakat setempat juga semakin meningkatkan pembangunan  sarana penunjangnya, sehingga menjadi lebih nyaman bagi penggemar olah raga ini.

Terutama saat musim panas, pantai-pantai Cornwall sangat ramai dikunjungi. Kegiatan lain yang dapat Anda lakukan adalah mengunjungi Eden Project’s dengan  biome raksasanya (Baca Wisata, Buletin Maret 2007), atau mengeksplorasi bekas penambangan underground di Geevor and Levant di the Land’s End peninsula, atau mampir di National Trust’s Lanhydrock House yang terletak di dekat Bodmin untuk melihat kembali gaya hidup dari kalangan Cornwall’s Victorian.

Ada banyak pantai kecil yang dapat diakses dengan berjalan kaki.  Salah satu pantai terbesar yang baik dikunjungi adalah Porth Kidney Sands di St Ives Bay, kurang lebih sepanjang 1 mile berpantai pasir putih yang lembut. Dari tempat parkir mobil di Lelant Saltings Station Anda dapat melintasi sebuah golf course, setelah 25 menit Anda akan menemukan pantai ini.

Pantai Penzance di Mounts Bay, contoh lainnya,  merupakan pantai yang berpasir dan sekaligus berkerikil. Mudah dicapai dan memiliki sarana cukup lengkap. Tersedia juga kolam renang umum open air dan dekat dengan promenade.

Porthallow, di pantai timur Lizard peninsula, merupakan tempat memancing yang masih jarang dikunjungi. Di tempat yang tenang ini sangat cocok bila Anda duduk relaks sambil mengamati yachts yang berseliweran di sekitar Carrick Roads.

Yang juga tidak boleh dilewatkan mengunjung Land’s End, the legendary destination, yang merupakan ujung paling barat dari English mainland. Di landmark yang terkenal ini Anda dapat menyaksikan keindahan batu karang di laut Atlantik dan jangan lupa berfoto di signpost yang terkenal.

Tips

Pada puncak liburan seperti hari Sabtu di bulan Agustus, hindari melewati A30 antara Bodmin dan Truro dari pukul 10am sampai 4pm. Usahakan melewatinya sebelum atau setelah jam tersebut. Untuk menghindari kesulitan menemukan tempat parkir di saat-saat ramai, boleh dicoba menggunakan park-and-ride schemes, khususnya di St Ives (naik kereta api dari St Erth atau Lelant Saltings) dimana tempat parkir akan dipenuhi oleh mobil pengunjung yang menginap.

Waspadai burung camar (seagulls). Jangan diberi makan dan hindari berjalan sepanjang pantai dengan memegang es krim atau makanan, atau mereka akan merampasnya dari tangan Anda!

Informasi lebih lanjut
Cornwall Tourist Board (01872 322900, www.cornwalltouristboard.co.uk). Untuk informasi mengenai festivals, fairs atau guided tours and walks lihat (www.insidecornwall.co.uk). Juga bisa kunjungi www.destination-cornwall.co.uk. atau www.familyholidaysouthwest.co.uk sebagai panduan Anda.

*Oleh Dara Arief, dari berbagai sumber                  

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s