The Father’s Day: 17 Juni 2007

17 Juni 2007 adalah hari Minggu ketiga dalam bulan Juni, yang diperingati sebagai Father’s Day. Inggris merupakan salah satu negara yang memperingati Father’s Day, meskipun sejarahnya berasal dari Amerika. Setiap anak akan berusaha untuk melayani dan membahagiakan ayahnya sebaik mungkin pada hari ini.

Sejarah Father’s Day sangat menarik. Peringatan hari ayah pertama kali terjadi pada 5 Juli 1908 di Fairmont, West Virginia, Amerika. Peringatan tersebut diadakan di gereja Central Methodist. Adalah seorang bernama Grace Golden Clayton yang pertama kali terinspirasi adanya Father’s Day, sejak terjadinya ledakan hebat di Monongah menjelang bulan Desember. Ledakan ini menewaskan 361 laki-laki yang sebagian besar adalah imigran dari Italia dan juga seorang ayah.

Ide lain untuk mengadakan Father’s day bagi anak-anak untuk menghormati ayahnya, dimulai di Spokane, Washington. Ide ini berasal dari seorang anak bernama Sonora Smart ketika dia sedang mendengarkan pidato pada Mother’s Day tahun 1909.

Setelah kematian ibunya, Sonora dan lima saudaranya dirawat oleh ayahnya, William Jackson Smart. Sonora ingin sekali mengatakan kepada ayahnya betapa istimewa sang ayah. Peringatan Father’s Day dia putuskan bertepatan dengan tanggal kelahiran ayahnya, yaitu 19 Juni 1910.

Dukungan dari politisi, negarawan, dan pengacara Amerika: William Jennings Bryan, semakin mempercepat ide ini tersebar luas. Pada perkembangannya, panitia nasional Father’s Day terbentuk di New York pada tahun 1926. Resolusi bersama kongres mengakui the Father’s Day pada 1956, dan pada 1966 Presiden Richard Nixon mengukuhkan peringatan nasional Father’s Day diadakan pada hari Minggu ke-tiga setiap bulan Juni.

Di Inggris, menjelang the Father’s Day, beberapa pusat pertokoan dan swalayan menghadirkan aneka hadiah untuk ayah, di antaranya aneka alat elektronik dan benda-benda pendukung hobi khusus seorang ayah.

Hingga kini the Father’s Day dikenang dan diperingati oleh anak yang percaya bahwa ayahnya serta seluruh ayah harus dihormati dengan sebuah hari istimewa.

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Father’s_day

http://www.loveyoufather.com/fathers-day-history/index.html

 

*Oleh; Shinta Samudera

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s