Liburan ke Pantai

Musim panas merupakan saat yang tepat membawa anak-anak mengeksplorasi dan menikmati pantai Inggris. Namun agar acara berlibur tetap menyenangkan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Sunscreen

Terlalu banyak ditimpa sinar matahari, dapat menyebabkan kulit terbakar, bahkan kematian, karena UVB dapat menimbulkan kanker kulit! Oleh karena itu, perhatikan beberapa hal :

  • Jika memungkinkan, kurangi sinar matahari langsung antara jam 10.00am-04.00pm.
  • Oleskan sunscreen dengan SPF (Sun Protective Factor) sekurang-kurangnya 15, khususnya pada daerah wajah, hidung, telinga dan bahu.
  • Untuk anak-anak, sebaiknya gunakan Sunscreen dengan SPF 30. Bayi dibawah 6 bulan sebaiknya tidak berada dibawah sinar matahari terlalu lama.
  • Untuk bibir, gunakan lip balm dengan SPF 15 atau lebih
  • Aloe-based after sun sangat cocok untuk melembutkan kulit setelah berada di bawah sinar matahari

Cover-ups

Sunglasses (dengan ultraviolet protection) dan topi lebar, bukan sekedar mode, tetapi sangat penting untuk melindungi Anda dari sinar matahari. Kenakan pakaian yang tepat walaupun hanya baju kaus, untuk melindungi tubuh Anda dari sengatan/terik matahari. Payung merupakan pilihan tepat.

Handuk pantai

Setiap anggota keluarga sebaiknya membawa satu handuk yang berukuran cukup lebar.

Mainan Pantai

Untuk aktivitas anak-anak bermain di pantai, jangan lupa bawa cangkul/sekop dan ember plastik karena akan menambah keceriaan mereka

Minuman dan Makanan

Bawalah air minum dalam jumlah banyak untuk seluruh anggota keluarga. Minumlah walaupun Anda tidak merasa haus karena tubuh membutuhkan banyak air agar tetap dalam kondisi dingin. Alkohol dan kopi harus dihindari, karena walaupun menyegarkan untuk sementara waktu, namun dapat mengakibatkan heat’s effect. Bawalah juga buah-buahan segar dan sandwich dingin. Membawa makanan/minuman di dalam cooler merupakan gagasan yang bagus.

Alas kaki.

Alas kaki baik untuk melindungi kaki dari panasnya pasir atau pecahan kaca yang mungkin berada di atas pasir.

Heat Stroke

Amati tanda-tanda heat stroke yang bisa mengancam nyawa. Heat stroke adalah berhenti bekerjanya temperature control system yang menghasilkan keringat yang berguna untuk mendinginkan tubuh. Tanda-tandanya antara lain kulit menjadi kering, panas dan memerah, terjadi perubahan kesadaran, denyut melemah disertai pernafasan yang cepat dan pendek-pendek.

Berenang di Laut

Pilihlah tempat aman untuk berenang dengan memperhatikan tanda-tanda/bendera yang ada. Sebisa mungkin berenanglah di area yang dapat diamati penjaga pantai. Jangan pernah berenang sendirian. Jangan pula berenang terlalu jauh ke tengah, karena Anda harus yakin memiliki energi cukup untuk berenang kembali ke pantai. Hindari menyentuh tanaman dan binatang laut karena bisa berbahaya.

*Oleh : Dara Arief dengan sumber : www.redcross.org, goflorida.about.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s