Redaksi Buletin Online DWP KBRI London, Berulang Tahun Pertama

 
Mempunyai bakat menulis? Sebenarnya tidak juga. Bukan bermaksud sok idealis jika dikatakan karena semangat ingin berbagilah yang mendorong Dharma Wanita Persatuan KBRI London merintis website onlinenya sejak 12 bulan yang lalu. 1 Mei 2006, untuk pertama kalinya kami menerbitkan Buletin DWP KBRI London, yang pada saat itu gagasannya dimatangkan oleh Ny. Pratiwi Herman yang menjabat sebagai Wakil Sekretaris Bagian Informasi dan Publikasi, dan sekaligus menjadi Pemimpin Redaksinya. 

Pada saat ini pengurus DWP KBRI London yang tergabung di dalam tim redaksi Buletin DWP KBRI London adalah : Ny. Dara Arief, Ny. Shinta Samudera, Ny. Titi Iman, Ny. Ida Pradopo, Ny. Lita Winadi dan Ny. Vidya Sihbudi. Di antara kesibukan mengurus rumah tangga, antar-jemput anak sekolah, kursus-kursus, kesibukan sebagai pengurus DWP sendiri dan segala tetek bengek lainnya, dengan senang hati kami tetap mencoba hadir di setiap awal bulan. Mungkin kami sepakat bahwa tidak hanya memperoleh kesempatan berbagi dengan pembaca, namun dengan mengasuh buletin ini kami juga mendapat kesempatan berharga untuk belajar, baik dari kiat-kiat browsing, teknik mewawancara, teknik menulis, belajar bahasa Indonesia baku, sampai bagaimana membujuk teman untuk bersedia menyumbangkan tulisan serta merayu tokoh yang dipilih untuk bersedia diwawancarai.  

Sejujurnya tidak ada di antara kami yang benar-benar memiliki pengalaman menulis,  paling-paling hanya sebagai tim redaksi majalah kampus atau newsletter di kantor pada saat bekerja dulu. Setiap anggota Tim Redaksi bertanggung jawab mengasuh rubrik tertentu. Ny. Ida Pradopo yang gemar memasak sangat menikmati kedudukannya sebagai ibu asuh rubrik ‘Dapur’. Ny. Titi Iman yang suka jalan-jalan sangat cocok dalam mengasuh ‘Wisata’. Ny. Vidya Sihbudi yang berpenampilan tenang dan serius mengasuh rubrik ‘Tip dan Info’. Ny. Lita Winadi sang sekretaris harus selalu waspada menangkap peristiwa yang layak untuk dimuat di dalam ‘Warta’. Yang juga tidak kalah penting adalah peran publisher yang selalu setia di  saat deadline meluncurkan edisi, yang kadang terpaksa begadang untuk tetap konsisten terbit di hari pertama setiap bulan. Ny. Shinta Samuderalah yang bertanggung jawab untuk penerbitan ini, karena di antara Tim Redaksi wanita manis berkerudung inilah yang paling ‘melek komputer’ dan piawai menangani free blog hosting providers: blogsome yang selama ini masih diandalkan bulletin online ini.

Pada saat ini Ny. Dara Arief diberi anamah sebagai Pemimpin Redaksi untuk memimpin tim kecil yang kompak ini, disamping mengasuh rubrik ‘Bunga Rampai’. Juga sangat besar peranan Ibu Penasehat Ibu Sranya B. Natalegawa dan Ibu Ketua Ny. Hanna Sastrawan dalam mendukung kegiatan buletin ini. Ibu-ibu ini selalu bersedia menjadi penasehat bahkan kadang didaulat untuk ikut membantu mengedit artikel yang akan dimuat. Selain saling pengertian dan kerjasama di antara tim redaksi, hal ini lah yang menjadi sumber kekuatan buletin ini untuk tetap setia hadir di tengah para Pembaca.

Berkat jasa email, kegiatan saling mengedit artikel dilakukan secara cepat dan mudah. Melalui email, komunikasi di antara anggota tim dapat dilakukan selama 24 jam, sehingga rapat redaksi dapat dilakukan seminimal mungkin. Hal ini ‘memaksa’ setiap anggota tim untuk berupaya membuka emailnya setiap hari, terutama saat menjelang deadline, jika tidak ingin ketinggalan informasi.

Tidak terasa kami telah terbit sebanyak 12 kali. Artinya setahun sudah usia buletin online ini. Memang masih sangat muda, tetapi rasanya banyak sekali yang telah dilakukan dan yang telah diperoleh. Tidak ada yang lain selain rasa syukur kepada YMK serta terima kasih sebesar-besarnya kepada para Pembaca, kontributor, tokoh yang telah bersedia diwawancarai, Ibu-ibu pengurus dan anggota DWP KBRI London yang telah memberikan dukungannya kepada kami, serta dorongan semangat dari keluarga tercinta. Terbetik harapan di dalam hati agar dengan bertambahnya usia diiringi pula dengan peningkatan kualitas sehingga dapat meningkatkan manfaatnya bagi Pembaca tercinta.

*Oleh : Dara Arief 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s