Hidup Sehat Dan Panjang Umur

Hidup sehat, bahagia dan panjang umur merupakan dambaan banyak orang. Panjang umur adalah anugerah dari Sang Pencipta, namun kebiasaan yang baik juga amat berperan. Faktor makanan, olahraga dan kehidupan yang bersahaja merupakan faktor-faktor yang dipercaya membuat umur seseorang menjadi panjang. Berikut ini beberapa tips agar tetap sehat dan panjang umur yang dikutip dari berbagai sumber.

  • Jaga kebugaran dengan rajin berolahraga paling sedikit 3 kali seminggu. Olahraga yang teratur dapat meningkatkan harapan hidup dan memperbaiki kesehatan secara menyeluruh. Sebaiknya pilihlah olah raga yang bersifat aerobic misalnya jogging, lari pagi, senam aerobic, atau renang
  • Pusatkan pikiran pada hal-hal yang positif karena pikiran juga bisa mempengaruhi kerja organ dalam, misalnya jantung akan berdetak lebih cepat menanggapi rasa cemas yang berlebihan yang kemudian dapat mengakibatkan tekanan darah bertambah tinggi serta membuat kepala menjadi pusing.
  • Cintai diri Anda dan jangan lupa merawat diri sendiri. Gambaran diri sendiri dapat memberikan pengaruh yang luar biasa baik positif maupun negatif pada kesehatan dan kebahagiaan. Bila Anda termasuk jenis orang yang susah menolak, mulai sekarang belajarlah untuk mengatakan “tidak” karena hal ini merupakan cara yang bernilai untuk memastikan bahwa kebutuhan Anda terpenuhi. Ingatlah bahwa Anda tidak dapat memaksakan diri untuk memuaskan semua orang atau membuat semua orang menyukai Anda.
  • Hindari atau perkecil terjadinya stres. Stres dapat menjadi faktor “penyumbang” penyakit dari segala sisi, mulai dari sakit punggung, insomnia sampai pada kanker dan sindroma kelelahan yang kronis. Rekreasi merupakan salah satu faktor penting untuk  menghindari stres dan melepaskan ketegangan sehingga seseorang menjadi rileks .
  • Perlambat tanda ketuaan. Gunakanlah kacamata hitam dan body lotion yang mengandung tabir surya bila keluar rumah guna melindungi kulit sekitar mata dari kanker kulit sekaligus memperlambat munculnya kerutan dan tanda-tanda ketuaan lainnya.
  • Perhatikan makanan. Imbangi jumlah makanan yang dimakan serta masukan gizi dengan jumlah kegiatan yang dilakukan untuk menjaga ataupun memperbaiki berat badan. Pilih makanan yang mengandung lemak berkadar rendah, perhatikan jumlah garam, sodium dan gula dalam makanan. Pastikan porsi makanan Anda tidak berlebihan, perbanyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan serta kurangi makanan cepat saji. Biasakan minum air putih yang banyak untuk menjaga kelancaran fungsi ginjal dan saluran kemih.
  • Tinggalkan rokok. Bila Anda seorang perokok, hentikan segera! Bila tidak, jangan pernah memulainya. Merokok meningkatkan risiko berbagai macam jenis penyakit kanker dan kardiovaskular, menopause lebih awal, dan lain-lain
  • Perhatikan sanitasi mulut dan gigi. Minimal sikatlah gigi 2 kali sehari dan sedapat mungkin hindari cemilan atau snack yang tidak sejalan dengan usaha mempertahankan keutuhan gigi.
  • Periksa kesehatan menyeluruh. Lakukan general check up secara periodik terhadap kemungkinan adanya penyakit seperti diabetes, hipertensi, jantung koroner, osteoporosis, dan lain-lain. Juga periksa tekanan darah secara rutin. Pemeriksaan juga harus dilakukan terhadap mulut dan gigi;
  • Bertemanlah. Teman bukan hanya seseorang yang bisa diajak saling berbagi baik dalam susah ataupun senang, tetapi juga lebih dari itu. Menurut sebuah penelitian, berteman ternyata dapat membuat hidup kita lebih panjang. Mereka yang memiliki banyak teman dan hubungan mereka sangat kuat akan hidup lebih panjang dibanding mereka yang memiliki sedikit teman.
  • Rajin beramal dan berusaha agar hidup kita bermanfaat bagi orang lain. Penelitian di AS membuktikan bahwa orang yang sering membantu atau mendukung orang lain secara emosional, risiko mati muda berkurang hingga 60 persen. Sebaliknya, orang yang tak pernah menolong, risiko mati meningkat dua kali lebih banyak dibanding orang yang suka beramal.
  • Selamat menjalani hidup sehat dan semoga panjang umur

*Oleh: Vidya M Sihbudi

sumber:  kompas.com/kesehatan/news/,  indomedia.com/BPost/, tazlovely.multiply.com/reviews/  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s