Wisata Pantai Kartini

 

Pantai ini merupakan tujuan wisata yang menarik, bukan saja bagi kaum muda tetapi juga untuk keluarga. Pantai yang oleh  mendiang Kartini disebut sebagai Kleine Scheveningen ini, berpermukaan datar, berombak tenang serta memiliki pasir yang lembut.  Pantai Kartini yang terletak 3 KM arah barat kota Jepara ini semakin meningkat daya tariknya karena sedang mengembangankan ke pariwisataannya dengan membangun “sea world”nya Jawa Tengah atau disebut dengan Dunia Hayati.

Wahana hiburan dan pendidikan yang dibangun menyerupai kura-kura raksasa ini ditempatkan di sudut obyek wisata Pantai Kartini. Karena bentuk bangunannya unik dan besar, maka dengan mudah dapat menarik perhatian pengunjung. Bangunan berlantai dua yang terletak di bagian ‘kepala’ kura-kura, akan digunakan untuk tempat pemutaran film dan akuarium. Akuarium raksasa ini akan diisi oleh habitat laut yang ada di seluruh laut Kabupaten Jepara. Sarana bermain bagi anak-anak juga dipersiapkan seperti seluncur air, dan disamping itu masih banyak kegiatan wisata lainnya yang dilakukan di Pantai Kartini.

Setiap tahun, satu minggu setelah lebaran, diadakan sedekah bumi atau yang lebih dikenal dengan nama Lomban. Lomban menjadikan Pantai Kartini ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Penginapan / tempat kost tersedia di area wisata ini dan sarana lain adalah tempat untuk pentas budaya dan berteduh yang menjadi tempat tersendiri bagi muda mudi.

Di seberang lautan terdapat Pulau Panjang yang penuh dengan habitat burung blekok. Hamparan pasir putih serta flora dan fauna yang langka, menjadikan Pulau Panjang menjadi tempat yang cocok untuk berkemah dan tujuan wisata. Hampir di setiap pohon terdapat burung blekok yang dilindungi oleh Pemerintah Daerah. Di pulau seluas 5 hektar ini dibangun pula jalan setapak untuk berkeliling.

Menuju Pulau Panjang yang berjarak 15 KM dari Pantai Kartini dapat ditempuh dengan perahu wisata yang tersedia di tepi laut yang siap mengantar pengunjung baik untuk keberangkatan maupun penjemputan. Puluhan perahu wisata rakyat ini dapat dinaiki baik lewat Pemandian Kartini maupun Tirto Samudro Bandengan dengan biaya murah.

Sumber : Jepara Tourism Information Center , Kompas

info@jepara-tourism.comninfo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s