Merawat Kecantikan Secara Alamiah

Tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan yang ada di sekitar kita, sangat banyak khasiat dan kegunaannya untuk perawatan kesehatan dan kecantikan. Berikut ini contoh beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan kecantikan 

  • Mentimun

Khasiat: menetralisasi kulit yang terlalu berminyak, mengatasi jerawat, mengatasi bengkak di seputar mata, serta mencegah kerut di wajah.

Perawatan kulit berjerawat: Buah mentimun dicuci bersih lalu diiris. Irisan mentimun ditempelkan dan digosok-gosok pada kulit yang berjerawat. Diamkan beberapa menit. Lalu cuci dengan air bersih. Lakukan setiap hari.

  • Lidah Buaya

Khasiat: untuk menghaluskan kulit, mengatasi jerawat, flek hitam, mencegah dan menipiskan kerut pada dahi, menyuburkan dan menguatkan rambut, meningkatkan daya tahan tubuh, sakit kepala, pusing, dan lain-lain.

Untuk mencegah dan menipiskan kerut pada dahi: Daun lidah buaya bagian dalamnya diblender, tambahkan putih telur secukupnya, lalu oleskan seperti memakai masker pada dahi.  

  • Alpukat

Khasiat: kandungan. lemak pada alpukat sangat baik untuk perawatan kulit wajah, seperti melembabkan kulit kering, sariawan, dan menurunkan kolesterol (asal tidak pakai gula/madu/susu).

Untuk melembabkan kulit: Gosokkan secara lembut keseputar wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu basuhlah wajah mengunakan air dingin. Lakukan malam hari.

  •  Kentang

Khasiat: kandungan potassium, dan Vit. C pada kentang sangat cocok untuk untuk perawatan kulit, seperti wajah berminyak dan berjerawat,  

Untuk kulit berminyak :  2 buah kentang dikupas dan diparut.  Lalu dioleskan  pada wajah hingga rata, biarkan selama 1/2 jam.Bersihkan dengan air bersih yang dingin

Jerawat :  Sebuah kentang diiris tipis-tipis, tempelkan ke seluruh wajah.  
Biarkan sampai kentang menjadi kering dan berwarna keabuan.Bersihkan dengan air bersih yang dingin.

  • Kiwi

Buah kiwi mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga bila dikonsumsi baik sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Khasiat : meningkatkan stamina tubuh, mencegah kanker, kecantikan kulit, mempercepat penyembuhan.

  • Wortel

Khasiat : untuk kesehatan mata, radang kulit, mencegah kanker, meningkatkan stamina, menurunkan kolesterol, mencegah keracunan logam berat, dan lain-lain.

Bagi kulit yang berjerawat. Digunakana sebagai masker. Pilih wortel yang bagus warnanya, parut dan lumatkan dengan blender. Oleskan pada kulit yang berjerawat selama 20-30 menit, lalu basuh dengan air hangat. 

  • Jeruk Nipis

Khasiat : untuk merapatkan pori-pori kulit, memutihkan dan menghaluskan kulit.

Perawatan kulit muka berminyak:  Belah jeruk nipis menjadi dua. Gosok-gosokkan  pada wajah, lalu basuh dengan air dingin.

  • Pisang

Khasiat: untuk merawat kelembaban kulit, menyegarkan kembali kulit wajah yang kusam serta merawat kehalusan dan kelembutan kulit wajah

Sebagai penghalus kulit: Hancurkan 2 buah pisang lalu campurkan dengan 3 sendok makan gula pasir dan 1 sendok makan baby oil. Gunakan sebagai scrub cream ke seluruh tubuh . Lakukan secara teratur seminggu sekali.

*Oleh : Ida Pradopo

Sumber: dari Dr. Hembing dan  berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s