Tips Merangkai & Merawat Bunga


Dalam berbagai kesempatan istimewa kita sering menggunakan rangkaian bunga. Rangkaian bunga juga sering dijadikan hadiah untuk menunjukkan perhatian. Meski banyak pilihan di pasaran, kita juga bisa membuat rangkaian bunga sendiri dan dapat disesuaikan dengan keinginan kita.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat rangkaian:

  • Proporsional. Pastikan rangkaian tampak seimbang dari semua sisi, baik dari depan, belakang, atas, bawah, sisi vertikal, horisontal maupun diagonal. Untuk lebih memudahkan, tentukan titik tengah rangkaian dan beri tanda, misalnya dengan bunga yang mempunyai warna, jenis dan ukuran yang berbeda dari bunga di sekelilingnya. Selain seimbang dalam ukuran dan bentuk, juga harus seimbang dalam warna dan jenis bunga yang digunakan. Bunga berwarna gelap terkesan lebih berat dibanding yang berwarna terang, misalnya.   
    Untuk vas, sesuaikan ukuran dan bentuknya dengan gaya desain dan besar rangkaian bunga yang akan dibuat. Idealnya, besar rangkaian adalah setengah atau satu kali lebih dari besar wadah yang digunakan. Rangkaian bunga yang seimbang boleh saja asimetris asalkan tetap memiliki keseimbangan sudut pandang pada satu titik tertentu.
  • Kontras. Rangkaian tampak menarik jika bervariasi, namun tetap terlihat kontras secara keseluruhan. Variasi rangkaian dapat dibuat dengan menambah berbagai jenis bunga, kombinasi warna, ukuran, tekstur, bentuk dan jumlah batang bunga yang digunakan. Jangan ragu untuk menggunakan imajinasi dan kreativitas Anda dalam merangkai.Penggunaan satu jenis bentuk atau warna bunga dalam satu rangkaian akan tetap terlihat indah jika dibuat kontras dan harmonis dengan keadaan sekelilingnya. Misalnya, rangkaian bunga berwarna merah akan tampak lebih hidup dan mempunyai nilai tambah jika diletakkan di sebuah ruang berlatar putih atau pastel.
  • Serasi: Agar tampak indah dan alami, parstikan semua unsur dalam rangkaian tampak serasi satu sama lain, mulai dari vas, bunga, asesori tambahan, seperti rankting atau daun, hinggá serta gaya dan tema rangkaian yang ingin di tampilkan.

Tips merawat rangkaian bunga agar tetap segar dan tahan lama:

  • Haluskan obat flu, dan campur dengan air yang dipakai untuk merendam oasis atau isian vas. Untuk 5 liter air, cuckup satu tablet saja. Bunga segar akan tahan 3-4 hari dan air pun tidak berbau karena tablet flu mengandung zat yang dapat memperlambat proses pembusukan tangkai. 
  • Untuk rangkaian bunga yang ditempatkan dalam vas berisi air, selalu tambahkan air secukupnya dan ganti air setiap hari
  • Untuk rangkaian bunga yang menggunakan floral foam (oasis), jaga agar oasis tetap basah dan usahakan agar vas tetap penuh dengan air segar. Ketika merendam oasis, biarkan oasis sampai tengelam sendiri, jangan sekali-kali ditekan/ditenggelamkan
  • Jika Anda menerima rangkaian bunga dalam box,  segera pindahkan bunga ke dalam vas dan perhatikan pasokan airnya.
  • Semprotkan air bersih sekurang-kurangnya 3 kali sehari.
  • Banyak orang percaya, dengan menaburkan sedikit garam dapur dapat membuat bunga tahan lebih lama.
  • Saat mengganti air,  potong ujung-ujung tangkai bunga dan bersihkan daun-daun yang rontok, karena dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri. 
  • Jangan letakkan bunga di bawah sinar matahari langsung atau di atas peralatan elektronik seperti microwave atau pesawat televisi, karena dapat menyebabkan dehidrasi. Usahakan bunga Anda  berada dalam lingkungan yang cukup udara dan sejuk.

Sekadar untuk pengetahuan: bunga-bunga potong segar  punya harapan hidup (life expectancy) antara 2 sampai 21 hari tergantung jenisnya. Berikut kutipan daftarnya:

Variety

Life Expectenacy

Roses

3- 21 days

Carnations

5-14 days

Daisies

7 -21 days

Mums

7-21 days

Iris

1-4 days

Lilies

2-7 days

Tulips

2-5 days

Liatris

5-14 days

Snap Dragons

2-5 days

Tropical Flowers

7-21 days

*Oleh: Ida Pradopo

Dari Kursus Flower Arrangement,  The Institute, The Hampstead Garden Suburb Institute dan berbagai sumber.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s