The Eden Project

Pilihan tujuan wisata musim semi tahun ini adalah The Eden Project. Salah satu greenhouse spektakuler dan terbesar di dunia ini, berlokasi di dekat St. Austell, wilayah Cornwall. Greenhouse yang dibuka pada tahun 2001 ini telah menarik banyak turis berkunjung untuk melihat koleksi aneka jenis tanaman dan bunga yang sangat menawan dari berbagai belahan dunia.

Saat ini Eden Project memiliki dua biome* dalam ruangan yang besar yakni biome alam tropis lembab dan biome iklim hangat. Biome alam tropis merupakan biome terbesar dan bersuhu cukup panas. Anda akan diajak menelusuri daerah dan hutan tropis sekitar 45 menit berkeliling, melihat tanaman dan buah-buahan yang dihasilkan daerah ini. Sedangkan di dalam biome iklim hangat, Anda akan menyaksikan kehidupan alam daerah Mediteranian, Afrika Selatan dan California. Jika Anda mengikuti jalur menuju puncak viewing point maka akan terlihatlah seluruh pemandangan biome ini.

Bagi Anda pencinta bunga, musim semi adalah waktunya menikmati bunga bermekaran. Jangan Anda lewatkan festival Bulb Mania. Pada tahun 2007 merupakan tahun ke-empat Eden Project menyelenggarakan festival ini. Bunga daffodil akan muncul di bulan Maret, tulip di bulan April dan lily di bulan Mei. Anda akan melihat keindahan berbagai macam bunga yang menakjubkan. Sejak dahulu Cornwall sangat terkenal akan keanekaragaman bunga daffodil, sebagaimana halnya orang Belanda dengan tulipnya di Keukenhof. 

Eden Project dibuka sepanjang tahun kecuali Christmast Eve dan hari Natal. Sebelum Anda kesana, klik terlebih dahulu www.edenproject.com untuk memperoleh informasi mengenai waktu buka, harga tiket dan atraksi yang digelar. Menuju ke lokasi ini dapat ditempuh dengan berkendaraan, kereta api, bis dan bahkan pesawat. Perjalanan dari London dengan berkendaraan akan memakan waktu sekitar 5,5 jam, melewati rute M5 arah selatan, dilanjutkan A30 menuju Cornwall.

* Biome adalah istilah ekologi untuk menyebut suatu kelompok kehidupan tertentu seperti tanaman, binatang dan sebagainya yang berada dalam suatu daerah.

*Oleh Titi Iman, dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s