British Calendar Maret 2007

  • 1 Maret: St David’s Day, Wales. Merupakan hari tradisional bagi orang Welsh. Saint David adalah seorang “patron saint” di Wales, yang merupakan anggota dari gereja Celtic, meninggal pada 1 Maret 589. Akan ada beberapa event di Wales dan komunitasnya di Inggris. Mereka berkumpul bersama di pubs, gereja, dan di beberapa tempat lain. Informasi detail di: http://www.wales-calling.com/culture/st-david.htm.
  • 8 – 11 Maret: Crufts, Birmingham. Pertunjukan kompetisi anjing yang terkenal dan rutin diadakan di Inggris sejak tahun 1928. Acara ini diadakan di NEC Birmingham, dan the "Best in Show" award akan diberikan pada hari Minggu saat final. Info lengkap dapat dilihat di: http://www.crufts.org.uk atau http://www.bbc.co.uk/birmingham/crufts. Sekilas acara ini ditayangkan di televisi BBC2 setiap harinya.
  • 9 Maret – 1 April: Ideal Home Show, London. Diadakan di Earls Court (http://www.eco.co.uk). Sebuah event menarik bagi peminat serba-serbi rumah, mulai dari seni memasak, desain interior, dsb. Tiket akan lebih murah jika dibeli sebelum tanggal 9 Maret, tetapi juga tersedia tiket yang dijual pada saat kedatangan dengan harga lebih mahal. Informasi lengkap di: http://www.idealhomeshow.co.uk.
  • 10 Maret: TNT Magazine Travel Show, London. Pekan raya yang menyajikan informasi bagi siapapun yang berminat atau berencana melakukan perjalanan di UK, Eropa dan seluruh dunia. Terdapat beberapa stall dari perusahaan tour dan perjalanan yang menawarkan diskon istimewa. Beberapa seminar dengan topik yang berkaitan dengan travelling dapat pula diikuti. Acara ini gratis, buka antara jam 9.30 – 19.00 di the New Connaught Rooms, 61-65 Great Queen Street, London WC2B 5DA (Tube terdekat: Holborn or Covent Garden). Lebih detail di: http://www.tntmagazine.com/travelshow.
  • 12 Maret: Commonwealth Day, UK & other Commonwealth countries. Merupakan event yang diadakan secara rutin pada hari Senin kedua di bulan Maret. Semua anggota Negara Commonwealth merayakan hubungan yang terjalin selama ini, disertai promosi membangun pemahaman mengenai isu global, kerjasama internasional, dan agenda kerja dari modern Commonwealth. Setiap tahunnya diadakan dengan tema yang berbeda. Ratu Inggris akan hadir pada acara khusus di Westminster Abbey. Informasi lengkap di: http://www.commonwealthday.com.
  • 13 – 16 Maret: Cheltenham Festival, Cheltenham. Salah satu event pacuan kuda utama sepanjang tahun, diadakan di Cheltenham (di Gloucestershire, bagian dari Cotswolds). Pacuan kuda ini diikuti oleh kompetitor pacu kuda papan atas dari Inggris dan Irlandia. Agenda terpenting adalah the Gold Cup yang diadakan pada hari Jumat. Pacuan kuda ini juga dapat disaksikan di televisi pada Channel 4. Info lengkap di: http://www.cheltenham.co.uk/festival/index.html.
  • 14 – 18 Maret: Country Living Fair (Spring), London. Pengrajin dan pelaku industri/bisnis kecil memamerkan produk mereka. Sebuah kesempatan menarik untuk menemukan hadiah atau barang-barang yang unik dan tidak biasa. Event ini diadakan di Business Design Centre in London (dekat Angel underground station). Informasi detail dan pembelian tiket di: http://www.countrylivingfair.com.
  • 16 – 18 Maret: International Students Festival, Leicester. Sebuah event nasional di Leicester untuk merayakan keanekaragaman pelajar dari berbagai penjuru dunia di UK. Untuk dapat bergabung, informasi lengkap di: http://www.isfest.com
  • 16 Maret: Red Nose Day, UK. Sebuah event menarik di seluruh UK untuk menggalang dana bagi Comic Relief (http://www.comicrelief.com), yang mendukung UK and African charities. Salah satu cara untuk terlibat adalah dengan memberikan donasi melalui bank, dengan membeli produk Comic Relief seperti “red nose” atau rekaman Comic Relief, atau ikut serta mengorganisir acara penggalangan dana. Red Nose Day pertama kali diadakan pada 1988; setelah 1989 diputuskan untuk diadakan setiap dua tahun sekali. Program ini akan ditayangkan di BBC. Informasi detai di: http://www.rednoseday.com.
  • 18 Maret: London St Patrick’s Day Festival, London. Peringatan kebudayaan Irish di London, biasa diadakan pada hari Minggu yang terdekat dengan St Patrick’s Day (17 Maret). Pada pukul 11.00, terdapat parade di jalan yang dimulai dari Queen Elizabeth Gate di Hyde Park, berlanjut ke Piccadilly, Regent Street, melewati Trafalgar Square hingga Whitehall Place. Juga terdapat festival dimana panggung utama terletak di Trafalgar Square. Irish live music dan pertunjukan budaya akan ditampilkan. Panggung yang lebih kecil terdapat di Covent Garden dimana musik tradisional Irish akan dimainkan. Pasar tradisional dengan makanan spesial Irish juga digelar disini. Pertunjukan hiburan lain diadakan di Leicester Square. Informasi lengkap di: http://www.london.gov.uk/stpatricksday.
  • 18 Maret: Mother’s Day (juag disebut "Mothering Sunday"), UK. Bagi masyarakat UK merupakan saat untuk mengingat ibu. Pada hari ini, orang biasa memberikan bunga, coklat, mengorganisir hari istimewa untuk ibunya, serta mengirimkan kartu "Mother’s Day".
  • 21 Maret: Spring Equinox, UK. Hari dimana siang dan malam masing-masing dengan kompisisi yang sama yaitu 12 jam (awal musim semi). Kaum pagam merayakan hari ini.
  • 24/25 Maret: British Summer Time (BST) starts, UK. Jika tinggal di UK, hari ini adalah saat memajukan jam 1 jam kedepan. Kita kehilangan satu jam tidur. Jika jam menunjukkan pukul 01.00, maka kita majukan menjadi pukul 02.00. Informasi lebih detail dapat dilihat di: http://wwp.greenwichmeantime.com/info/timeuk.htm.
  • 31 Maret: Head of the River Race, London. Kompetisi perahu dayung di sungai Thames dimulai pada pukul 15.45 hingga 17.00. Perahu tercepat harus dapat menempuh 7 km selama 20 menit. Balap perahu ini dimulai di Chiswick Bridge dan berakhir di Putney Bridge. Kita dapat melihat kompetisi ini di sepanjang sungai Thames, namun pemandangan terbaik dapat dilihat dari tepi sebelah timur sungai Thames, sebelah utara Chiswick Bridge. Cuaca buruk atau atau air pasang dapat menghentikan kompetisi ini, untuk itu lebih baik mengecek terlebih dahulu di website: http://www.horr.co.uk.

*dirangkum dari http://www.ukstudentlife.com/ oleh Shinta Samudera

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s