The Victoria & Albert Museum

The Victoria & Albert Museum adalah salah satu museum wajib kunjung bagi penggemar sejarah perkembangan seni dan dekorasi dalam peradaban manusia di dunia. Museum yang sejak berdiri di tahun 1852 bernama South Kensington Museum ini, pada tahun 1980 diganti nama menjadi “The Victoria and Albert Museum, the National Museum of Art and Design” oleh Sir Rou Strong. Berada di antara beberapa tempat bersejarah lain yaitu Natural History Museum, Science Museum, Royal Albert Hall, dan Albert Memorial, The V&A museum sangat pantas menjadi rujukan perjalanan wisata di London.

Koleksi yang tersimpan dalam The V&A museum meliputi karya arsitektur, obyek bersejarah dari Asia, koleksi British Design sejak tahun 1500-1900, aneka keramik, dan lebih dari 14.000 jenis furniture dari Inggris, Eropa, Amerika dari abad pertengahan hingga saat ini.  Terdapat juga karya berupa lukisan, ribuan hasil fotografi, tekstil, buku, dan banyak lagi karya seni peradaban manusia yang disimpan dengan baik di museum ini.

Sangat menarik ketika menemui kumpulan koleksi seni budaya Indonesia di salah satu sudut museum. Terdapat jajaran patung batu peninggalan jaman Majapahit di abad ke-15. Patung batu dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, meskipun tak banyak, tetapi menjadi bagian dari sejarah peradaban yang dikoleksi oleh The V&A museum.

Galeri baru yang diperkenalkan kepada setiap pengunjung adalah galeri Islamic & Middle East, yang selain mencakup seni budaya Islam di Timur Tengah, juga meliputi kawasan Afrika Utara. Terdapat sebuah kitab Al Quran berukuran besar dari Turki yang diperkirakan berasal dari tahun 1600-1700. Kitab ini merupakan salah satu saksi sejarah awal mula munculnya ketertarikan untuk menggandakan Al Quran di Turki.

Seperti halnya museum-museum di London, untuk menjelajah The V&A museum tidak dikenakan tiket masuk. Waktu untuk berkunjung setiap hari adalah jam 10.00 – 17.45, khusus pada hari Jumat museum buka hingga pukul 22.00. Museum tutup pada tanggal 24, 25, dan 26 Desember. Mencapai museum ini juga mudah, baik dengan taksi, bus maupun tube/underground. Stasiun terdekat adalah South Kensington, sedangkan bus yang lewat adalah nomor C1, 14, 74 dan 414.

Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi website resmi The Victoria & Albert museum berikut ini: http://www.vam.ac.uk/index.html.

*Oleh: Shinta Samudera 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s