Menjadi Ibu

Jika ada pertanyaan profesi yang paling berat dijalani, saya akan menjawab jadi ibu. Namun jika pertanyaannya profesi yang membuat paling bahagia, saya akan kasih jawaban yang sama.

Walau seorang wanita mempunyai profesi apakah sebagai karyawan, pengajar, wartawan, analis, konselor, dokter, akuntan, sampai sebagai Vice President di sebuah perusahaa muti-nasional misalnya, banyak di antara mereka tetap ‘terlempar’ pada profesi yang satu ini. Bahkan tidak sedikit di antara mereka menjalani profesi ganda. Bayangkan, satu profesi saja sudah bikin pusing, bagaimana dengan profesi ganda dijalani dengan baik?

Pada saat memasuki rumah sepulang anak-anak sekolah, pertanyaan pertama yang umumnya muncul adalah ‘mama mana?’. Pada saat mengalami kesedihan, mendapat musibah, mungkin yang sangat kita dambakan adalah pelukan dan belaian ibunda. Seberapa penting kah kehadiran ibu bagi anak-anak? Agaknya tidak cukup lembaran ini untuk menjelaskannya.

Menjalani peran ibu, membuat kita sangat bahagia jika anak-anak kita dipuji orang lain atas keberhasilannya. Sebaliknya, kita akan sangat terpukul jika mereka gagal atau dikritik. Karena menjalani peran ini pula kita ‘terpaksa’ duduk terkantuk-kantuk, bahkan tak jarang jatuh tertidur pada saat  menemani mereka menyelesaikan homework atau tugas sekolah, setelah kita sendiri sudah sangat lelah seharian mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang rasanya tidak pernah berakhir. Peran ini juga yang membawa kita dengan patuh antri di depan sebuah rides di theme park dan dengan enggan  menyertai mereka menaiki permainan tersebut walau bikin perut kita mules dan kepala pusing. Namun ajaibnya akan sembuh seketika bila mendengar tawa ceria mereka menikmati permainan itu.

Ibu hamil umumnya mengalami masa-masa berat, terutama saat kehamilan tua. Perasaan mual, nyeri punggung, kaki bengkak atau sesak napas merupakan menu sehari-hari. Melahirkan, merupakan suatu pengalaman yang ‘mengerikan’ bagi banyak ibu. Tapi mengapa pada umumnya kita dengan suka rela hamil kembali untuk kedua, ketiga dan bahkan lebih? Melihat bayi yang baru dilahirkan dan telah dirindukan, seperti menghapus semua kesakitan, kelelahan dan perasaan tidak menyenangkan selama kehamilan. Kebahagiaan akan selalu muncul pada saat mereka pertama kali (subhanallah) dapat melihat, tersenyum, babbling, bicara, tumbuh gigi, berjalan, bisa membaca, memenangkan lomba puisi, lulus sekolah dasar, lulus seleksi sekolah favorit, diwisuda, diterima bekerja di tempat yang diinginkan dan banyak lagi kejutan-kejutan menyenangkan di sepanjang hidup mereka.

Menjadi ibu juga suatu amanah yang luar biasa. Bayangkan, Allah SWT ‘menitipkan’ individu di tubuh kita dan kemudian mereka ‘dipercayakan’ di bawah pengasuhan kita. Sentuhan mesra dan kasih sayang saja tentunya tidak cukup untuk membesarkan mereka. Dana dan fasilitas pastinya juga tidak dapat menjamin mereka menjadi individu yang diharapkan oleh agama dan bangsa. Perhatian yang serius dan terus menerus sangat utama untuk melengkapi segalanya. Doa kita sebagai orang tua yang diucapkan setiap saat, selesai shalat, bahkan secara khusus setelah shalat malam, insyaalah akan selalu menerangi mereka melangkah menuju kehidupan masa depan. Mereka akan terus dan terus meniti kehidupan, sampai di saat kita sudah tidak mampu lagi memberikan pengaruh kita pada  mereka, bahkan setelah kita tiada. Kemudian mereka akan menjadi orang tua sama seperti kita, yang akan melahirkan dan membesarkan generasi selanjutnya dan mungkin menjadi seorang pemimpin. Bahkan bukan tidak mungkin mereka menorehkan sejarah di dunia yang akan dikenang sepanjang peradaban manusia. Seberapa banyakkah kontribusi yang telah kita berikan?

*Oleh: Dara Arief 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s