Kiat praktis dan murah mempercantik rumah

Agar rumah Anda terlihat lebih cantik dan gaya di tahun baru ini, Anda dapat mempercantiknya dengan cara mudah tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Cukup memberi sentuhan baru dengan kreativitas sendiri agar gayanya tak sama dengan gaya sebelumnya. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  1. Cobalah tata ulang posisi furnitur di rumah Anda terutama pada ruang-ruang yang sering dipakai sebagai tempat aktivitas keluarga dan sesuaikan pula letak aksesorinya.
  2. Tambahkan satu jenis aksesori baru yang dapat menjadi aksen dalam ruangan seperti karpet, foto atau lukisan keluarga terbaru. Bisa juga dengan mengganti taplak meja makan dengan warna yang lebih cerah.
  3. Cuci gorden dan vitrage hingga tampak seperti baru kembali; demikian juga dengan sarung bantal dudukan kursi makan.
  4. Untuk menyegarkan suasana rumah, berikan sentuhan hijau lewat tanaman di pot yang diletakkan di pojok ruangan atau di sisi sofa.
  5. Kesan segar dapat pula diciptakan degan menambahkan bantal cantik untuk sofa, lilin beraroma atau rangkaian bunga segar dalam vas yang diletakkan di meja tamu dan meja makan
  6. Bila Anda ingin meletakkan cermin agar ruangan berkesan lebar dan tampak lebih terang, letakkanlah pada tempat yg strategis. Jangan letakkan di tempat di mana tamu dapat melihat bayangannya terus menerus karena hal ini akan memberikan perasaan yang tidak nyaman bagi tamu Anda.
  7. Jangan biarkan barang-barang yang tidak terpakai berserakan di sembarang tempat. Simpan semuanya dalam lemari atau gudang khusus
  8. Penataan cahaya juga penting; misalnya untuk menciptakan suasana yang eksotik dalam ruangan serta membuat ruangan terasa hangat di malam hari, dapat digunakan lampu yang memiliki warna cahaya kuning kemerahan. Sedangkan pada pagi dan siang hari manfaatkanlah pencahayaan alami semaksimal mungkin.
  9. Perhatikan kebersihan rumah. Pastikan furnitur dan aksesori rumah bebas dari debu atau kotoran. Jika rumah anda terdiri dari dua lantai, mulailah membersihkannya dari tingkat atas.
  10. Perhatikan pula kebersihan kamar mandi. Atur peralatan mandi pada tempatnya dan bersihkan tempat sabun agar tak ada bekas2 sabun yang melekat. Pastikan lap kaki atau keset bersih dan kering.
Silahkan Anda mencoba, semoga penciptaan suasana baru dalam rumah Anda dapat memberi semangat baru dan menimbulkan inspirasi baru yang berguna bagi Anda sekeluarga. 

*Oleh: Vidya Sihbudi (dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s