Harapan

Best Wishes for the coming New Year!
    Have a Happy and Prosperous New Year!
        Selamat Tahun Baru,  Semoga Lebih Sukses di Tahun Mendatang!

Tahun baru selalu disambut dengan harapan, seperti tertulis dan terucap dalam ucapan Selamat Tahun Baru. Harapan akan tercapainya hal yang belum berhasil dilaksanakan tahun lalu! Harapan, semua akan menjadi lebih baik di tahun mendatang! Masih adanya harapan membuat hidup manusia tetap bergairah, dinamis dan tidak membosankan.

Hampir sembilan tahun Negara Indonesia tercinta mengalami krisis ekonomi. Dalam perjalanan membangun Indonesia kembali, bangsa kita mengalami cobaan alam yang sepertinya tak kunjung berhenti. Begitu sulit dan berlikunya jalan yang harus ditempuh untuk mencapai suatu perbaikan! Namun,  sebagai anak bangsa saya yakin  kita dapat bangkit kembali menjadi  Negara dan Bangsa yang berhasil dan membanggakan. Saya yakin jika sebagian besar dari kita mau berbuat sesuatu, sekecil apapun, akan merupakan sumbangan berarti bagi perjuangan menuju perbaikan. Keyakinan itu membuahkan harapan akan terjadinya suatu perbaikan. Perbaikan dalam segala lini. Tidak hanya perbaikan ekonomi yang pasti berdampak pada perbaikan sektor mendasar lainnya, tapi juga yang sangat penting adalah perbaikan budi pekerti.

Budi pekerti! Lama saya tidak mendengar dan mempergunakan kata yang satu ini. Pelajaran Budi Pekerti pernah saya dapatkan ketika masih di sekolah dulu. Banyak norma, aturan dalam masyarakat yang dapat dipelajari dan dilaksanakan sejak kecil termuat didalamnya. Namun yang terpenting dari semua itu adalah contoh yang kita berikan kepada anak-anak,  generasi penerus kita!

Seorang anak (baca: Bayi) baru lahir digambarkan seperti kertas putih bersih. Kita sebagai orang tualah yang pertama-tama memberikan coretan pada kertas putih itu. Bila coretan indah (contoh baik) yang kita dan lingkungan sekitar berikan, maka gambar (perilaku) yang dihasilkan pun akan indah (baik) sekali. Demikian sebaliknya, apabila contoh buruk yang kita berikan sulit rasanya untuk menghasilkan generasi penerus yang baik.

Memberi contoh yang baik bukanlah hal yang sulit. Mulailah dengan jujur pada diri sendiri. Berani membela yang benar dan menghukum yang salah. Saling menghargai dan menyayangi antar sesama tanpa melihat suku dan agamanya, karena semua adalah ciptaan Tuhan. Carilah persamaan dari perbedaan yang ada, karena dengan bekerja sama kita pasti lebih kokoh dan tidak mudah dipecah-belah.

Betapa indahnya membayangkan Indonesia menjadi bangsa yang damai, makmur dan sejahtera. Bangsa yang begitu kaya dengan sumber daya manusia dan sumber daya alam, pasti dapat menjadi bangsa yang besar dan membanggakan. Semoga harapan di awal tahun baru ini dapat menjadi kenyataan. Mungkin tidak tahun depan….atau sepuluh tahun lagi…..! Namun saya yakin saatnya nanti pasti datang, bila kita tetap berupaya dan Yang Esa berkehendak demikian.

*Oleh : Hanna Sastrawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s