Belanja di London dan sekitarnya

Untuk tips dan info buletin edisi kali ini, kami mengetengahkan serba serbi belanja di London dan sekitarnya:

  • Untuk Anda yang ingin memanfaatkan obral di musim dingin kali ini, mulailah belanja sedikit demi sedikit dari bulan November ini. Jangan menunggu sampai last minute untuk menghindari berjubelnya orang (biasanya pada hari libur), sedikitnya pilihan barang atau antrian yang sangat panjang.
  • Beberapa toko buka selama 24 jam, karena itu belanja sangat awal di pagi hari atau sangat larut di malam hari dapat menjadi pilihan untuk berbelanja dengan lebih tenang terutama di masa obral.
  • Untuk menemukan toko dekat wilayah tempat tinggal gunakan petunjuk lokal, misalnya dari situs http://www.upmystreet.com atau http://www.yell.com.
  • Lokasi berbelanja terkenal di London terutama berada di jalan-jalan Oxford Street (contohnya Debenhams, Marks & Spencer, Selfridges), Regent Street ( contohnya Liberty), New Bond Street (contohnya Fenwick, Mulberry) , Sloane Street, Knightsbridge dan Brompton Road (contohnya Harvey Nichols dan Harrod’s). Panduan belanja di sepanjang jalan utama di London, dapat dilihat di http://www.streetsensation.co.uk. Jangan lupa untuk belanja di outlet mall yang biasanya menjual dengan harga diskon. Daftar outlet yang ada di Inggris dapat dilihat di http://www.ukwebstart.com/listmalls.html.
  • Beberapa toko menawarkan diskon kepada mahasiswa (kira-kira 5-10%), khususnya di daerah yang mahasiswanya banyak dengan memasang tanda di muka toko, tetapi kadang-kadang Anda harus menanyakannya secara langsung. Untuk membuktikan mahasiswa, Anda sebaiknya mempersiapkan kartu ISIC atau NUS.
  • Jika membayar dalam jumlah besar secara kontan, mintakanlah diskon (karena membayar kontan tidak harus membayar biaya kartu kredit).
  • Simpanlah selalu slip pembayaran Anda selama 30- 90 hari setelah tanggal pembelian untuk berjaga-jaga jika Anda harus mengembalikannya misalnya karena rusak/pecah atau ukuran tidak sesuai. Setiap toko memiliki aturan berbeda untuk waktu pengembalian atau penukaran barang.
  • Jika Anda bukan pemukim di UK atau merencanakan akan berpergian ke luar negeri dalam waktu dekat, jangan segan-segan meminta VAT refunds kepada petugas toko. Sebaiknya selalu persiapkan paspor Anda. Setiap toko memiliki kebijakan berbeda mengenai prosedur ini.
Selamat Berbelanja …….
 
*Oleh: Lita Winadi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s