Halal Bihalal 2006

Allahuakbar allahuakbar allahuakbar. Laillaahailallah huwallahuakbar. Allahuakbar walilla ilham…..

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, KBRI London kembali mengadakan acara Halal Bi Halal Masyarakat Indonesia di Inggris dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Fitri 1427 H yang jatuh pada hari Senin 23 Oktober 2006. Acara ini diselenggarakan di Wisma Nusantara, rumah kediaman Bapak Duta Besar RI, DR. RM. Marty M Natalegawa, di kawasan Bishops Avenue, London. Dihadiri sekitar 1000 warga Indonesia di Inggris, khususnya London dan sekitarnya, acara Halal Bi Halal yang berlangsung sejak pukul 13.00 berakhir hingga pukul 17.00.

Pada pagi harinya, pukul 09.00 diselenggarakan Shalat Ied di KBRI London yang dihadiri sekitar 400 kaum muslimin dan muslimat Indonesia di London dan sekitarnya.

Acara Halal Bi Halal yang juga merupakan wahana pelepas kangen warga Indonesia terhadap kampung halaman ini berlangsung dalam suasana meriah dan penuh keakraban.  Setelah bersalam-salaman dengan Bapak dan Ibu Duta Besar, para tamu yang datang langsung menuju sebuah tenda raksasa untuk bersilaturahmi dengan para teman dan kerabat. Hidangan khas lebaran yang disajikan, dilengkapi juga kue2  seperti pastel, lemper, dan tak ketinggalan kacang bawang yang juga merupakan salah satu cemilan khas Lebaran. Sambil menikmati hidangan, para tamu tak menyia-nyiakan kesempatan untuk bersilaturahmi, saling bersalaman dan bermaaf-maafan dengan hadirin lainnya.

Kendati acara Halal Bi Halal 2006 jatuh bertepatan dengan hari kerja, namun hal ini tidak mengurangi antusiasme warga Indonesia untuk datang menuju Wisma Nusantara, karena memang ini lah kesempatan setahun sekali untuk bisa bersilaturahmi dan bernostalgia dengan teman, kolega, atau famili yang kebetulan tinggalnya berjauhan. Maklum, warga Indonesia yang bekerja maupun belajar di Inggris pada umumnya terikat oleh aturan kerja atau jadwal perkuliahan atau sekolah yang sangat ketat, sehingga tidak mudah untuk mendapatkan waktu guna bersilaturahmi satu sama lain. Apalagi jarak tempuh antara yang satu dengan lainnya pada umumnya cukup jauh.

Secara keseluruhan, acara yang juga ditunjang dengan cuaca yang bersahabat ini berjalan lancar. Tentunya ungkapan rasa syukur patut kita panjatkan kepada Allah SWT atas semua karunia Nya ini.

Semoga kebiasaan yang baik di bulan Ramadhan  dapat membawa berkah bagi perjalanan masyarakat Indonesia di Inggris hingga Ramadhan tahun depan. Amin.

*Oleh : Ny. Mara Riza Sihbudi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s