British Calendar November 2006

  • 4-5 Nov : Bonfire Night. Pertunjukan kembang api ini memperingati kegagalan rencana sekelompok penganut Katolik meledakkan Houses of Parliament pada tanggal 5 November 1605. Pada masa itu raja James the First sangat tidak popular bagi penganut Katholik karena menerapkan pembayaran pajak yang tinggi bagi warga yang bukan penganut Anglican. Seorang Katholik yang bernama Guy Fawkes ditemukan di dalam langit-langit Houses of Parliament dengan setumpukan bubuk senjata, dan akhirnya dia dieksekusi. Peringatan yang dilakukan setiap tahun ini ditandai dengan pertunjukan kembang api. Selengkapnya mengenai asal mula peringatan ini  : http://www.bbc.co.uk/dna/h2g2/A199488. Beberapa organsisasi menyelenggarakan pertunjukan kembang api ini, dimana dua yang terbesar dapat Anda lihat di bawah ini:

– 4 Nov : Ally Pally’s Firework Extravaganza, merupakan pertunjukan kembang api terbesar di London Utara, yang dimulai pukul 7:30pm, bertempat di Alexandra Palace (Tube terdekat: Wood Green, kemudian  ambil bus W3). Sumbangan untuk tiket masuk sekitar  £2. Selengkapnya: http://www.alexandrapalace.com/whatson_fireworks.htm 

– 4 Nov : Battersea Park Fireworks, merupakan pertunjukan kembang api terbesar di London Selatan, yang dimulai pukul 7:30pm (to be confirmed), bertempat di  Battersea Par (Tube terdekat: Battersea – antara Victoria dan Clapham Junction stations). Tiket masuk £5. Selengkapnya : http://www.wandsworth.gov.uk/fireworks

  • 5 Nov : London to Brighton Veteran Car Run, London/Crawley/Brighton. Parade mobil-mobil tua yang dibuat sebelum 1905 berangkat dari London menuju Brighton. Perayaan ini memperingati dihapuskannya peraturan yang mengharuskan adanya seseorang yang memegang bendera merah berjalan di depang mobil (1896). Selengkapnya http://www.lbvcr.com (juga pada website Veteran Car Club of Great Britain: http://www.vccofgb.co.uk/lontobri). Perayaan ini dimulai pukul 7:30am dari Serpentine Road  Hyde Park (dekat Hyde Park Corner) dan sampai di tujuan yaitu Madeira Drive di Brighton mulai pukul 10:30am. Anda dapat juga menyaksikan parade ini di sepanjang jalan yang dilalui. Sebelumnya, Anda dapat melihat mobil-mobil ini dipamerkan di London’s Regent Street.
  • 7 Nov : Regent Street Christmas Lights, London. Dengan dinyalakannya lampu-lampu natal di Regent Street, menandakan dimulainya Christmas season. Jalan di sekitarnya akan ditutup, sehingga massa dapat leluasa berkumpul. Dibangun sebuah panggung  pada simpangan Regent Street dan New Burlington Street (tube terdekat : Oxford Circus atau Piccadilly Circus; dekat the toy shop Hamley’s). Lampu yang dinyalakan oleh seorang / sekelompok selebritis ini akan terus menyala sampai 6 Januari 2007.
  • 9 Nov : Oxford Street Christmas Lights, London. Lampu-lampu akan dinyalakan di atas panggung yang didirikan di depan sebuah pertokoan terkenal di Oxford Sreet,  oleh kelompok vocal All Saints dan terus menyala sampai 6 Januari 2007. Saat itu juga akan tampil G4 dan Andy Abrahams (mantan kontestan X-factor).  Selengkapnya : http://www.newwestend.com
  • 11 Nov : The Lord Mayor’s Show, London. Sejak 1189 setiap tahunnya dipilih seorang Lord Mayor of London yang  merupakan presentasi dari City of London, the traditional business centre of London (jangan tertukar antara  Lord Mayor ini dengan Mayor of London, yang pada saat ini dipegang oleh Ken Livingstone). Sesuai tradisi mayor yang terpilih akan berjalan dari City ke Westminster dalam rangka menyatakan komitmennya untuk melayani raja/ratu yang berkuasa (pada Sabtu minggu kedua bulan November). Dapat disaksikan parade dimana mayor ini akan mengikuti prosesi tersebut di dalam kereta emasnya yang dibuat pada tahun 1757. Anda dapat juga menyaksikan prosesi ini melalui BBC1 sekitar pukul 10.45 am. Akhirnya sekitar pukul 5.00pm, akan dinyalakan kembang api di atas sebuah kapal boat di atas sungai Thames. Selengkapnya : http://www.lordmayorsshow.org.
  • 11-12 Nov : Remembrance events, London & across the UK. Bunga poppies liar tumbuh di lapangan di wilayah Perancis dan Belgia, dimana disana banyak orang yang gugur selama Perang Dunia I. Bunga poppies kertas dijual dan dikenakan mulai awal bulan November dalam rangka menggalang dana bagi the Royal British Legion (http://www.poppy.org.uk), untuk membantu para keluarga veteran perang ini.
    Pada hari Sabtu,  11 November (Armistice Day). pukul 11am akan berlangsung acara pengheningan cipta selama dua menit untuk mengenang para pahlawan ini. Pada hari Minggu 12 November (dikenal sebagai Remembrance Sunday) berlangsung upacara dimana Ratu beserta rombongan akan meletakkan karangan bunga poppies di Cenotaph, yaitu sebuah memorial memperingati orang-orang yang wafat pada PD I dan II (berlokasi di Whitehall road di bagian Utara dan Parliament Street di bagian Selatan). Anda dapat menyaksikan upacara ini pada BBC1 mulai pukul 10.30 am.
  • 15 Nov : State Opening of Parliament, London. Ratu berangkat dari Buckingham Palace menuju Westminster untuk membuka program Parlemen tahun mendatang. Akan berlangsung sebuah prosesi yang unik di gedung parlemen ini, sebelum ratu membacakan pidatonya mengenai rencana tahun mendatang. Upacara yang telah berlangsung sejak 500 tahun silam ini dapat Anda saksikan di BBC1 sekitar pukul 10.45.  Selengkapnya : http://www.parliament.uk/faq/lords_stateopening.cfm
  • 17 Nov : BBC Children In Need. Acara tahunan dalam rangka menggalang dana bagi badan sosial yang membantu anak-anak. Selengkapnya :  http://www.bbc.co.uk/pudsey.
  • 23 Nov : Bond Street Christmas Lights, London. Tahun lalu lampu-lampu ini dinyalakan oleh Jodie and Jemma Kidd  di atas sebuah panggung dan diikuti dengan ditampilkannya hiburan di jalan ini. Selengkapnya : http://www.bondstreetassociation.com.
  • 30 Nov : St Andrew’s Day, Scotland. Saint Andrew merupakan patron saint Scotland, bersama saudara lelakinya, Saint Peter menjadi Apostles of Jesus Christ, dan disalib di Yunani pada tanggal 30 Nov. Perayaan orang-orang Scotland ini melibatkan musik tradisional, tarian, puisi, makanan, dan lain-lain.

*Dari berbagai sumber, dirangkum oleh : Dara Arief

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s