Wisata Masjid di Sekitar London

 

                      The London Central Mosque & The East London Mosque 

Marhaban Yaa Ramadhan

Dalam bulan Ramadhan, kita ingat kembali situasi di tanah air dimana masjid-masjid diramaikan oleh masyarakat yang berbuka puasa bersama, sholat Tarawih, Tadarus, belajar Al Qur’an dan lain-lain. Bagi kita yang tinggal di London, kemana mencari masjid? Siapa menyangka ternyata ada sekitar 434 masjid di sekitar London. Diantaranya  ada 2 masjid besar yang akan diketengahkan kali ini. Pertama adalah the London Central Mosque yang terletak di seberang Regent’s Park dalam lingkungan London Borough of Westminster, dan kedua adalah the East London Mosque yang terletak antara Whitechapel dan Aldgate dalam lingkungan London Borough of Tower Hamlets.

The London Central Mosque berdiri di area seluas 2,3 hektar mampu menampung sekitar 2000 jamaah. Berbagai fasilitas yang tersedia antara lain, kantin, toko buku, dan perpustakaan. Berbagai macam kursus dalam berbagai usia juga diselenggarakan disini, antara lain kursus bahasa Arab dan belajar Al Qur’an.  Masjid ini sebagai bagian dari Islamic Cultural Center direncanakan sejak perang dunia kedua. Kabinet Churchill mengalokasikan dana sebesar ₤ 100.000 pada tahun 1940 untuk perolehan tanahnya. Diresmikan pada tahun 1944 oleh King George VI. Masjid yang indah ini  di desain oleh Sir Frederick Gibberd (melalui kompetisi internasional), dibangun pada tahun 1969, dan selesai pada bulan Juli 1977. Raja Faisal dari Saudi Arabia menyumbangkan  dana sebesar ₤ 2 juta untuk pembangunannya. Total dana yang dihabiskan adalah sebesar ₤ 6,5 juta.

The East London Mosque berdiri di daerah komunitas muslim terbesar di London, sehingga di sekitarnya banyak ditemukan berbagai restoran halal, toko buku dan perlengkapan baju muslim. Dengan bangunan 6 lantai, masjid ini mampu menampung 10.000 jamaah. Fasilitas yang tersedia mencakup gym, gedung pertemuan, perpustakaan dan crèche. Muslim centrenya sering menjadi tuan rumah berbagai konferensi, terutama menyelenggarakan dialog dengan umat beragama lain sebagai cara untuk menciptakan keharmonisan dengan masyarakat umum. Hal ini sesuai dengan misi yang dicanangkan yaitu dalam masjid ini tidak diperkenankan kutbah mengenai kebencian dan intoleransi. Disamping itu, Muslim centre juga menyediakan berbagai jasa di bidang kesehatan, pendidikan, pernikahan, rumah duka dan ekonomi. Berbagai kursus juga diselenggarakan di sini. Tidak banyak catatan mengenai sejarah masjid ini yang konon dibangun berdasarkan dana swadaya dari masyarakat.

Bagi yang ingin mengetahui lokasi berbagai masjid di sekitar London, salah satu website yang cukup membantu adalah: http://www.google.co.uk/maps?hl=en&lr=&rls=SUNA,SUNA:2006-11,SUNA:en&q=central+mosque&near=London&sa=X&oi=local&ct=title

Informasi tambahan  mengenai kegiatan Ramadhan bisa dilihat di: http://dwplondonmedia.blogsome.com/info-kegiatan-ramadhan/

*Oleh: Nining Bob 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s