Tips Sehat Berpuasa

Menjalankan ibadah puasa adalah sebuah kewajiban bagi umat muslim, namun bila dilihat dari segi kesehatan, dibalik nilai ibadah yang dijalankan sebulan penuh tiap tahun, juga tersimpan banyak manfaat. Tentu saja bila dijalankan dengan aturan yang benar. Bagaimana memadukan antara ibadah puasa dan mendapatkan manfaat bagi kesehatan kita, berikut kami sajikan beberapa tipsnya:

Tips Sahur

  1. Jangan lupa terlebih dahulu berdo’a dan tanamkan niat ikhlas. Pilihlah makanan berserat seperti sayur mayur dan buah-buahan agar racun dalam tubuh bisa ternetralisir dan radikal bebas dalam tubuh pun bisa dikurangi. Hindari hidangan berlemak, yang banyak diolah dengan minyak atau banyak mengandung gula sebab makanan tersebut merupakan penghasil utama radikal bebas. Hindari pula mengkonsumsi banyak makanan manis karena dapat cepat membuat lapar di siang hari. Lebih baik memilih air putih atau teh tawar 3-4 gelas pada saat sahur.
  2. Contoh makanan yang aman dikonsumsi adalah: nasi putih, oats, roti, buah-buahan atau kurma, ayam tanpa lemak, daging has dalam, telur, dan makanan laut. Hidangan ini mengandung cukup karbohidrat dan protein, sehingga menambah cadangan energi (glikogen) di dalam tubuh kita.
  3. Sahurlah lebih akhir saat mendekati imsak agar energi bisa tahan lama.

Tips Berbuka (Iftar)

  1. Awali dengan berdo’a atas nikmat Allah. Segerakan berbuka dengan minum air putih atau jus buah segar, kurma, dan minuman manis seperti madu karena ini merupakan bahan siap pakai yang dapat segera diserap tubuh untuk memulihkan tenaga.
  2. Jangan berbuka dengan air es atau soft drink, karena dapat menekan rasa lapar dan merusak pencernaan serta memicu penyakit perut seperti maag. Hindari makan dan minum terlalu banyak karena kerja lambung yang sudah beristirahat selama 12 jam akan menjadi terlampau berat.
  3. Disunnahkan memakan 1-3 biji kurma, dilanjutkan dengan shalat Magrib dan shalat sunnat Awwabin.
  4. Buatlah makanan yang selalu segar serta batasi makan olahan  karena akan lama dicerna tubuh.

Tips untuk Ibu Hamil, Penderita Maag dan Anak-anak

  • Wanita hamil tidak dilarang berpuasa, namun tentu saja hanya bila kesehatan kandungan menunjang. Mengkonsumsi sayuran, protein dan makanan sehat lainnya tetap menjadi pilihan utama. Kurangi aktivitas dengan menambah waktu istirahat 1-2 jam.
  • Penderita maag pun tidak perlu khawatir untuk berpuasa. Pada umumnya, asam lambung akan meningkat saat perut kosong meski tidak selalu menimbulkan rasa sakit. Namun, pada sebagian besar penderita maag berpuasa justru lebih baik, sebab memberi kesempatan lambung beristirahat/berhenti bekerja.
  • Belajar berpuasa sebaiknya dilakukan sejak anak-anak. Selama anak tidak mengalami dehidrasi, puasa bisa diteruskan. Waspadai kemungkinan gejala awal dehidrasi, yaitu bila mereka tampak lemas karena jumlah proporsi cairan dalam tubuh anak jumlahnya lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Hindari cokelat karena banyak mengandung lemak dan tidak baik untuk pencernaan karena dapat memicu pengumpulan asam lambung yang naik ke kerongkongan. 

Tips lain:

Perhatikan pola makan seimbang, baik porsi maupun gizinya, tidak kekurangan atau berlebihan. Jangan lupa tetap berolah raga ringan, seperti jalan kaki atau lari-lari kecil yang baik dilakukan saat menjelang berbuka. Hindari kopi, alkohol, rokok, makanan yang mengandung cuka atau yang rasanya sangat sensitif. Terakhir, puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga, tetapi juga menahan nafsu. Dengan kata lain, puasa juga bertujuan me-manage emosi, belajar bersabar dan berupaya mendekatkan diri kepada Tuhan. Secara psikologis ini mempengaruhi mental spiritual kita, dengan mengendalikan emosi membuat jiwa kita tumbuh lebih sehat, dan dengan merasakan kedekatan dengan Allah membuat hati kita damai.

 

*Oleh: Ita Salmidjas Salam (Dirangkum dari berbagai sumber)

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s