Pengajian Ibu-ibu Hari Rabu

Ditengah kesibukan sehari-hari, meluangkan waktu satu hari dalam seminggu untuk menambah  pengetahuan mengenai agama dan membaca Al-Qur’an sangat terasa manfaatnya. Setiap hari Rabu dari jam 11.30 – 14.00, kelompok pengajian ibu-ibu Indonesia di London, mengadakan pengajian secara teratur bertempat di Wakemans Hill Avenue London Utara.

Pembacaan Al-Qur’an dilakukan secara bergiliran, sesama anggota saling memberikan koreksi atas kekurangan dalam pembacaannya sehingga semua anggota dapat memetik tambahan pengetahuan. Disamping memperlancar dan meningkatkan bacaan Al-Qur’an, kadang-kadang ada tambahan ceramah yang diberikan oleh anggota masyarakat atau mahasiswa yang berada di London. Ada kalanya pula acara ini dilengkapi dengan diskusi antara sesama anggota membahas tentang praktek pelaksanaan Islam sehari-hari.

Selama bulan Ramadhan, acara pengajian rutin ini ditingkatkan menjadi dua kali dalam seminggu yaitu Senin dan Rabu dari jam 11.00 sampai jam 15.00. Pembacaan Al-Qur’an dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz yang diundang KBRI dari Indonesia atau dari Mesir. Setelah ceramah acara dilanjutkan dengan tanya jawab mengenai masalah agama baik pemahaman fiqih atau kegiatan sehari-hari yang dikaitkan dengan aturan yang berlaku dalam Islam.

Pengajian di luar bulan Ramadhan, biasanya diikuti dengan acara makan siang bersama. Makanan yang disantap merupakan sumbangan sukarela anggota pengajian sendiri. Karena sifatnya sukarela, makanan yang dibawa tidak ditentukan lebih dahulu, sehingga kadang-kadang banyak dijumpai makanan yang sama dan seragam. Selalu muncul kejutan-kejutan yang menyenangkan pada saat makanan  dibuka.

Demikianlah sekelumit kegiatan pengajian ibu-ibu di London. Selain bermanfaat untuk menambah kelancaran membaca Al-Qur’an dan ilmu agama, juga menambah  keakraban dan rasa kekeluargaan diantara sesama anggota pengajian. Maklum, sama-sama jauh di rantau.

Tertarik untuk bergabung? Anda bisa menghubungi melalui dwplondon@yahoo.co.uk. Dengan senang hati kami akan menyampaikannya kepada koordinator pengajian ini.
 

*Oleh : Enny Irzal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s