British Calendar Oktober 2006

  • 1 – 31 Okt : Black History Month (African History Month). Memperingati sejarah kontribusi komunitas kulit hitam sampai saat ini yang berlangsung  di seluruh UK Selengkapnya :  http://www.black-history-month.co.uk. Events di  London: http://www.london.gov.uk/mayor/bhm/index.jsp
  • 8 Okt : Pearly King’s & Queen’s Harvest Festival Service. Perayaan yang berlangsung setiap Minggu kedua bulan Oktober setiap tahun ini, merupakan sebuah harvest festival yang diselenggarakan di Bedford Street, Covent Garden.  Selengkapnya :  http://www.pearlysociety.co.uk
  • 15 Okt : Diwali on the Square. Peringatan Diwali yang diselenggarakan di London’s Trafalgar Square, dari 4pm-8pm. Selengkapnya : http://www.london.gov.uk/mayor/diwali/index.jsp
  • 18 Okt – 2 Nov : London Film Festival. Preview dari film-film Inggeris dan negara lainnya disertai dengan wawancara tokoh-tokoh perfilman. Selengkapnya dan pemesanan tiket : http://www.lff.org.uk. Beberapa film juga dipertunjukkan di beberapa kota besar di Inggeris Raya.
  • 21 Okt : Diwali. Peringatan keagamaan Hindu, Sikh and Jain yang diselenggarakan di seluruh UK, yang dikenal juga dengan "festival of lights" ini  diramaikan dengan pesta kembang api.
  • 28 – 29 Okt : British Summer Time ends.  Putar mundur jam anda 1 jam. Sebenarnya perubahan ini terjadi pada malam hari : pukul 2 am hari Minggu pagi berubah menjadi pukul 1 am. Pagi hari semakin cepat sementara gelap semakin  cepat pula turunnya. Ingatlah bahwa perubahan ini juga terjadi pada perbedaan waktu dengan luar negeri (misalnya selama ini perbedaan waktu di Jakarta dengan London 6 jam, namun sekarang menjadi 7 jam). Jangan percaya begitu saja dengan jam di tempat umum, karena mungkin saja belum diubah. Selengkapnya :  http://wwp.greenwichmeantime.com/info/timeuk.htm.
  • 29 Okt : October Plenty.  Perayaan autumn harvest ini dapat disaksikan mulai dari South Bank Sungai Thames pada siang hari di depan Shakespeare’s Globe Theatre (Tube stations terdekat : Southwark atau London Bridge). Prosesi dari karakter  seperti Corn Queene, Hobby Horse and Berry Man akan membawa pengunjung sampai Borough Market, dimana juga berlangsung Apple Day Food Fair. Disini dapat disaksikan juga  pertunjukan play singkat dari abad ke-16. Selengkapnya : http://www.thelionspart.co.uk/octoberplenty.
  • 31 Okt  : Halloween.  Tradisi ini konon bermula dai  Irlandia, namun lebih popular di Amerika dari pada Inggeris sendiri.Jika Anda diundang pada pesta Halloween, kenakanlah pakaian yang menyerupai hantu yang menakutkan. Sediakan permen atau coklat di rumah Anda, karena anak-anak akan mengetuk pintu rumah dan berkata ‘trick or treat’. Jika Anda tidak memberikan permen, maka mereka akan memainkan sebuah trik untuk Anda. Buah labu digunakan sebagai simbol dari perayaan ini yang kadangkala dihias menyerupai wajah yang menakutkan dan dibuat seperti lentera.

*Dari berbagai sumber, dirangkum oleh : Dara Arief

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s