Berbagi Cerita Berbuka Puasa Bersama Masyarakat Islam Indonesia di London

Detak jam terus memacu, hari berganti hari, tak terasa ibadah puasa Ramadhan tahun 2006 yang jatuh di bulan September dan Oktober terus bergulir mendekati minggu-minggu akhir. Masyarakat Muslim Indonesia di Inggris khususnya yang berdomisili di London yang tergabung dalam Pengajian Masyarakat Islam Indonesia di London dan sekitarnya, seperti tahun-tahun sebelumnya melakukan kegiatan buka puasa bersama setiap  minggu di KBRI London.

Kegiatan berbuka puasa bersama yang dilaksanakan setiap akhir pekan (Sabtu atau Minggu), disamping bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT. juga merupakan ajang silaturrahmi bagi masyarakat Muslim Indonesia yang umumnya tinggal di sekitar London. Sebagian dari mereka tinggal di wilayah Tenggara seperti Eltham, Greenwich, dan sebagian lagi di wilayah Barat (Chiswick, Putney), dan di Timur (Upton Park, Walthamstow). Kebanyakan dari mereka tinggal di wilayah Utara Barat (Hendon, Colindale, Kingsbury) dan Utara London (Finchley, Golders Green).

Program buka puasa bersama diawali dengan dikumandangkannya azan yang merdu dari salah seorang jama’ah pengajian. Setelah mencicipi kurma dan makanan yang disediakan oleh Ibu-Ibu yang bertugas dalam masing-masing kelompoknya, para jama’ah kemudian melaksanakan Sholat Maghrib berjama’ah, dilanjutkan berbuka puasa bersama dengan menu hidangan lezat khas Indonesia. Tidak seperti kegiatan pengajian yang dilakukan setiap sebulan sekali, dimana jama’ah yang hadir diperkirakan sekitar 100-125 orang. Dalam bulan Ramadhan, jama’ah yang hadir nampak lebih dari dua kali lipatnya, membuat suasana ruang serba guna dan kantin KBRI London yang digunakan sebagai tempat kegiatan buka puasa terasa penuh sesak dan kewalahan menampungnya.

Sebelum acara siraman rohani, acara terlebih dahulu dibuka dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an beserta terjemahannya. Dilanjutkan dengan ceramah dan ditutup dengan sessi tanya jawab. Terdapat keunikan mengenai Ustadz yang memberikan ceramah selama bulan Ramadhan. Untuk ke tiga kalinya secara berturut-turut, panitia pengajian telah berhasil mendatangkan Ustadz khusus dari luar Inggris yaitu dari Indonesia dan Mesir. Kali ini jama’ah pengajian masyarakat Indonesia menghadirkan Ustadz Dr. Ahmad Lutfi (Dosen Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), yang Insya Allah beliau juga akan mengisi Khutbah Ie’dul Fitri 1 Syawal 1427H. Kegiatan buka puasa bersama di akhiri dengan Sholat Isya dan Tarawih berjama’ah serta do’a penutup.

Semaraknya program kegiatan Ramadhan di gedung KBRI London juga dibarengi dengan kegiatan belajar bagi anak-anak dan remaja usia 5-8, 9-12 dan 13 tahun ke atas. Kaum Ibu pun secara rutin setiap hari Senin dan Rabu mengadakan pengajian Al Qur’an dan belajar Islam bersama yang dibimbing oleh pak Ustadz di rumah “Indonesian Islamic Centre” (IIC) di daerah Colindale. Tak lupa pula kelompok pengajian dua mingguan “Al Ikhlas” yang berlokasi di wilayah Barat London (Southfield) turut mengadakan program buka puasa bersama pada setiap akhir pekan dengan hari yang berbeda yang dilakukan di gedung KBRI London. Disamping itu sholat Isya dan Tarawih bersama diselenggarakan di rumah IIC pada setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at.

Meskipun jauh di negeri orang dan ditengah-tengah kesibukan rutinitas sehari-hari masyarakat Muslim Indonesia di Inggris kemauan dalam melaksanakan ibadah tampak masih tetap tinggi. Pelaksanaan kegiatan buka puasa bersama masyarakat Indonesia tidak hanya dilaksanakan di London, tetapi juga di luar kota, seperti Birmingham, Manchester, Sheffield, Nottingham, dll.nya, yang komunitas muslim Indonesiamnya cukup banyak. Semoga Allah SWT tetap memberkati dan memberikan kekuatan untuk tetap terus mempertahankan dan melanjutkan program kegiatan ini demi mencari ridho Allah dan meningkatkan ketakwaan kepada-Nya. Amin.

*Oleh: Djamalullail

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s