Semangat di Hari Kemerdekaan RI ke-61

http://www.kwintessential.co.uk/images/country/indo-flag.jpgMerdeka, merdeka, merdeka. Pekik kemerdekaan bergema diseluruh penjuru menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 61. Ritual acara telah dipersiapkan jauh hari sebelumnya, baik di desa, di kota-kota besar bahkan di luar negeri sekali pun, mencerminkan semangat kebangsaan yang terasa lebih menyentuh dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus selalu diperingati setiap tahunnya sebagai momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia dan sebagai bukti bahwa NKRI masih berdiri dengan kokoh

Peringatan hari kemerdekaan RI ke 61 di London yang dilaksanakan oleh KBRI dan masyarakat Indonesia di London berlangsung di Wisma Nusantara. Acara dimulai dengan upacara resmi yang dipimpin oleh Duta Besar RI utk Inggris Raya, bapak Marty Natalegawa.

Upacara yang di hadiri oleh seluruh masyarakat Indonesia di London berlangsung khidmat. Pasukan pengibar bendera (Paskibra) yaitu para putra dan putri Indonesia menjadi pusat perhatian dan kebanggaan bersama.  Walaupun lahir dan besar di London, namun jiwa kebangsaan mereka tidak kalah dengan putra-putri lainnya yang berada di tanah air.

Upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia diakhiri dengan aubade nyanyian nasional yang dibawakan oleh anak-anak Indonesia, yang sengaja dirancang untuk menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan pada anak-anak.

Untuk lebih memeriahkan acara HUT RI ini, di gelar pula acara hiburan mendatangkan artis ibu kota Linda Effendi, yang mendapat sambutan meriah dari masyarakat yang hadir. Untuk menambah keceriaan, para pelajar dan mahasiswa tidak mau ketinggalan menyumbangkan hiburan.

Hiburan rasanya tidak akan lengkap tanpa konsumsi. Makanan khas Indonesia yang menjadi menu kali ini adalah sayur asem, tempe bumbu rujak, sate ayam, empal dan es teler. Nampaknya hidangan ini dapat menjadi obat kangen bagi mereka yang jarang mengkonsumsi masakan Indonesia.

Selain makanan yang disajikan ini, dapat dikunjungi pula stand bazaar yang dikelola oleh anggota masyarakat Indonesia lainnya yang menyediakan makanan khas Indonesia lainnya seperti pempek, gudeg, masakan Padang, batagor, rujak, dan sebagainya.

Acara yang dipersiapkan dan dikemas dengan baik tentunya menghasilkan acara yang menarik dan berkesan. Begitu pula dengan acara peringatan Kemerdekaan RI ke 61 ini, secara keseluruhan semua berjalan dengan lancar.

Hal ini tentu saja berkat adanya semangat kebangsaan di hati kita, dan jalinan kerjasama yang baik dari semua pihak.

MERDEKA! 

*Oleh: Lita Winadi
Image from: http://www.kwintessential.co.uk/images/country/indo-flag.jpg
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s