Annual Asian Feast

Rabu siang, 13 September 2006, The Women’s Council, organisasi sosial yang bergerak di bidang pengumpulan dana, kembali menggelar acara Annual Asian Feast yang rutin dilakukan satu tahun sekali. Saat ini The Women’s Council, bekerja sama dengan wanita-wanita Asia, sudah memiliki anggota 25 negara Asia yang terlibat di dalamnya, termasuk Indonesia.
 
Tahun ini Indonesia mendapat kesempatan menjadi tuan rumah dan menyediakan halaman belakang Wisma Nusantara, kediaman duta besar RI di London, sebagai tempat berlangsungnya acara. Beberapa bulan sebelumnya The Women’s Council bersama ibu-ibu DWP KBRI London telah melakukan koordinasi untuk kesuksesan acara ini.
 
Asian Feast kali ini diikuti oleh 10 negara peserta, termasuk Indonesia. Masing-masing peserta menyumbangkan makanan khas negaranya. Tamu yang hadir sekitar 100 pengunjung dengan terlebih dahulu membeli tiket seharga £35.00. Para tamu dapat mencicipi seluruh makanan dan minuman yang tersedia, termasuk aneka kue dan makanan penutup yang menggugah selera. Di tenda lain terdapat stan bring and buy yang menjual berbagai kerajinan tangan sumbangan negara anggota, sampai dengan aneka selai buatan rumah. Berbagai perhiasan yang tertata apik juga dijual di stan lain.
 
Acara dibuka oleh Lady Joan Kings Norton, chair person dari The Women’s Council, dilanjutkan sambutan dari Princess Helena Moutafian. Dalam kesempatan ini, Duta Besar RI, Bapak Marty Natalegawa menyampaikan bahwa dengan adanya semangat persahabatan dari berbagai negara, termasuk Inggris dan negara-negara Asia, Indonesia dapat menghadapi berbagai kesulitan dan musibah yang terjadi akhir-akhir ini.
 
Tampaknya para tamu sangat menikmati berbagai makanan yang disediakan oleh negara peserta. Stan Indonesia menyediakan makanan yang selalu menjadi favorit yaitu sate. Tersedia sate ayam dan sate kambing beserta lontongnya, juga pangsit goreng dan wingko babad yang tak kalah digemari. Acara yang berlangsung akrab ini dihangatkan oleh penampilan pertunjukan kesenian dari Jawa Barat berupa tarian Jaipongan “Langit Biru”dan musik “Rampak Gendang” yang dibawakan oleh 4 pemain gendang. Pengunjung tampak antusias dan terpukau menyaksikan kedua pertunjukan tersebut.
 
Hasil pengumpulan dana dari kegiatan ini nantinya digunakan oleh The Women’s Council untuk pemberian beasiswa yang ditujukan untuk melatih perempuan yang bekerja di bidang peningkatan kesejahteraan anak-anak di Asia, terutama perawatan anak-anak cacat.
 
*Oleh: Titi Iman 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s