Althorp

Terminal terakhir dimana Lady Diana Princess of Wales Rest in Peace

http://thesavvytraveler.com/images/althorp.jpg 

Di Althorp, yang terletak di sebelah utara kota Northampton, terdapat rumah keluarga Spencer yang sudah didiami hampir 500 tahun. Sejak Diana dimakamkan 1 September 1997, rumah yang lebih menyerupai istana atau puri ini menjadi tempat wisata pengunjung yang ingin memberikan penghormatan atau ingin mengetahui tentang tentang masa kecil Lady Diana“The People’s Princess”, sampai ibunda dari Prince William ini meninggal. Tiket dibeli di pintu masuk seharga £12 untuk dewasa, £6 untuk anak-anak dan gratis untuk dibawah 5 tahun. Untuk mencapai puri kita masih harus menempuh jarak sekitar setengah mil dengan berjalan kaki. Pengunjungdisabled dan lanjut usia dapat menggunakan shuttle car yang mengangkut secara gratis.

Kehidupan Diana sejak masa kecil hingga menjadi istri Prince Charles dapat disaksikan dalam sebuah ruangan yang menampilkan secaraaudio visual film tentang Lady Diana Princess of Wales. Kemudian terdapat ruangan lain yang memuat gaun pengantin Lady Diana yang terkenal, juga gaun malam peninggalan beliau yang sarat dengan kemilau manik-manik. Selain itu terdapat ruangan yang memajang barang-barang masa kecil beliau. Baju balet beserta sepatunya pun masih tersimpan dengan rapih, juga surat-surat masa kecilnya. Buku rapor Diana kecil yang ditampilkan menambah suasana haru pengunjung. Perjalanan kehidupan Diana hingga bekerja untuk badan amal Palang Merah juga diperlihatkan secara detail di sebuah ruangan lain.

Setelah itu pengunjung dapat berjalan ke gedung sebelah dimana terdapat tempat tinggal dan ruang keluarga Earl Spencer serta beraneka ragam koleksi lukisannya. Seandainya tidak berkenan melihat ruangan tersebut, kita dapat melanjutkan ke taman belakang dimana terdapat makam Lady Diana yang unik. Makam tersebut berada di sebuah pulau kecil di tengah danau buatan berbentukoval yang indah. Danau ini dibuat tahun 1865 dan sekitarnya ditanami lime tree oleh istri dari Earl Spencer Pertama. Pulau di tengah danau ini memang dibiarkan asli dengan tanaman liarnya. Di ujungnya dibangun tugu kecil sebagai tanda makam. Pengunjung dapat merasakan ketenangan ketika berjalan mengelilingi danau dan dapat berhenti sejenak di Monumen Peringatan Diana, dimana terdapat foto Diana ditampilkan secara siluet dari samping. Biasanya pengunjung memberikan penghormatan dengan merenung sejenak. Kita dapat berfoto di monumen ini dengan meminta ijin terlebih dahulu kepada polisi wanita yang biasanya berdiri di dekat monumen tersebut. Diana memang telah menjadi legenda rakyat Inggris bahkan dunia.

Sebelum pulang kita dapat menikmati snack dan kopi di kafe, sambil memandang lahan luas milik keluarga Spencer.  Toko cinderamata menjual keramik indah bersiluetkan Lady Diana dan fridge magnet bertuliskan “ALTHORP”. Kalau beruntung, disana kita dapat bertemu dengan Charles Spencer, adik kandung Diana.

Perjalanan ke Althorp dapat ditempuh sekitar 1 3/4 jam dari kota London dengan memilih jalur M1 keluar di junction 16, masuk ke jalur A45 dan dilanjutkan jalur A428. Althorp dibuka dari jam 11 pagi hingga jam 5 sore setiap hari, mulai 1 Juli hingga 30 September setiap tahunnya (dapat dicek di  http://www.althorp.com/, karena dapat berubah sewaktu-waktu). Pengunjung dianjurkan menggunakan sepatu yang sesuai untuk berjalan, mantel dan payung untuk berjaga-jaga dari cuaca buruk.

(sumber: http://www.althorp.com)

*Oleh: Henny Iroth
Image from: http://thesavvytraveler.com/images/althorp.jpg 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s