Tips&Info Musim Panas

 
Musim panas masih berlangsung. Terik matahari dan suhu panas yang mendera selain menciptakan kesenangan sendiri dimana banyak aktivitas yang dapat dilakukan juga harus diwaspadai agar tubuh tetap fit dan sehat.

ASUPAN CAIRAN

Pada saat musim panas seperti ini, penting sekali memastikan cukupnya asupan cairan ke tubuh kita. Penguapan cairan tubuh karena suhu panas, mengakibatkan tubuh banyak kehilangan cairan. Sebagai pedoman, setiap hari rata-rata tubuh membutuhkan 8 – 10 gelas air, bergantung pada musim dan aktivitas yang dilakukan.Beberapa tips untuk membantu Anda memastikan asupan air ke tubuh:

  • Air putih, dalam artian cairan rendah-sodium, rendah- kalori dan bebas kolesterol adalah pilihan yang terbaik. Jika Anda menginginkan minuman manis, pertimbangkanlah sari buah dari pada air soda.
  • Sediakan selalu sebotol air di meja kerja Anda, di mobil atau  locker, dan pastikan bahwa Anda selalu meminumnya sepanjang hari
  • Segala sesuatu yang berbentuk cair pada suhu ruang dapat dihitung sebagai asupan cairan. Buah atau jelly misalnya, dapat merupakan cairan tambahan .

PERAWATAN RAMBUT

Saat musim panas seperti ini jika tidak diwaspadai, rambut akan mudah rusak. Apa yang yang harus kita lakukan agar rambut tetap sehat? Simak tips berikut ini :

  • Hindari pemakaian produk lightening seperti Sun In. Pada umumnya produk tersebut mengandung bahan peroksida atau garam metalik (metalic salt) yang dapat merusak rambut. Bahan ini tergolong racun yang berbahaya.
  • Biarkan rambut tergerai alami. Jika mau, lakukan highlight pada rambut. Dalam jangka panjang, Anda akan merasakan sikap disiplin ini akan menjadi perawatan yang jauh lebih murah.
  • Untuk menghilangkan sisa-sisa garam metalik, gunakanlah conditioner rambut yang mengandung tabir surya.
  • Jika gemar berenang, Anda perlu membersihkan rambut Anda dengan clarifie, yang merupakan produk yang daya pembersihnya jauh lebih kuat dari shampo. Clarifier dapat menghilangkan racun yang melekat di rambut akibat campuran kaporit dan zat-zat pembersih air kolam lainnya.

KEAMANAN MAKANAN

Musim panas menyemangati kita untuk mengundang teman makan bersama atau sekedar mengajak picnic keluarga. Berikut adalah tips agar pengemasan makanan yang tetap aman.

Jaga tepat suhu makanan

  • Upayakan makanan panas tetap panas dan makanan dingin tetap dingin
  • Ingatlah batas bahaya : hindari menyimpan makanan pada suhu antara 40-140 derajat Fahreinheit
  • Jangan biarkan makanan berada di luar dalam waktu lama (lebih dari 2 jam dalam ruang atau lebih dari 1 jam di luar ruang/outdoor)
  • Kemaslah makanan sehingga tetap terjaga dalam suhu yang tepat saat Anda travelling dalam waktu cukup lama.

Hindari Kontaminasi

  • Jangan memegang atau memasak daging mentah tanpa sebelumnya mencuci tangan atau setelah Anda memegang jenis daging lain.
  • Ingatlah untuk selalu mencuci bersih-bersih peralatan masak (telenan misalnya) sebelum menggunakannya untuk mempersiapkan daging, ayam, buah atau sayuran
  • Bila Anda berada cukup jauh dari dapur, bawalah lap/tissue atau pembersih lainnya untuk tetap menjaga tangan dan perlatan masak tetap bersih

(Sumber : health.yahoo.com.)

*Oleh : Ida Pradopo dan Dara Arief

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s