Car Boot Sale

http://images.google.co.uk/imgres?imgurl=http://features.thisislocallondon.co.uk/images/articles/6119959_img1.jpg&imgrefurl=http://features.thisislocallondon.co.uk/template/article.asp%3Fpid%3D653%26id%3D7220&h=302&w=450&sz=30&hl=en&start=7&um=1&tbnid=UC1whXS0tbXiqM:&tbnh=85&tbnw=127&prev=/images%3Fq%3Dcar%2Bboot%2Bsale%26svnum%3D10%26um%3D1%26hl%3Den%26client%3Dfirefox-a%26rls%3Dcom.google:en-US:official%26sa%3DNSalah satu aktivitas menarik yang ditunggu-tunggu setelah musim dingin berlalu di Inggris adalah Car Boot Sale.  Menurut Wikipedia, car boot sale adalah salah satu bentuk pasar di Inggris di mana perseorangan (bukan perusahaan) berkumpul bersama untuk menjual barang-barangnya yang sudah tidak diinginkan.  Di Amerika Serikat jenis pasar ini lebih dikenal dengan sebutan garage sale atau swap meet.

Biasanya car boot sale diselenggarakan pada saat week end  dan bank holiday, bertempat di lapangan bermain sekolah, gedung pertemuan, maupun lapangan rumput/tempat parkir.  Para penjual (biasanya menggunakan mobil) membayar sejumlah uang kepada pengelola , sedangkan para pembeli biasanya diwajibkan untuk membayar sekitar £0.30 sampai dengan £2 (anak-anak gratis). Pelaksanaannya dibagi dalam dua waktu, yaitu pagi hari antara jam 07.00 sampai jam 12.00, atau siang hari sekitar jam 12.00 sampai 15.00.  Fasilitas yang tersedia di lokasi antara lain toilet umum, penjual makanan, bahkan terkadang bila tempat memungkinkan disediakan bouncing castle untuk anak-anak.

Barang yang dijual di car boot sale adalah barang-barang bekas pakai yang sangat bervariasi jenisnya.  Mulai dari buku tua, records, video tape, mainan, perangko dan coins, barang pajangan, furniture, hingga barang elektronik.  Namun selain barang bekas ada juga beberapa penjual komersial yang menjajakan barang baru seperti karpet serta peralatan dapur, pertukangan, dan ATK.  Bahkan terkadang juga dijual sayur dan buah.  Secara umum harga barang yang dijual biasanya lebih murah dibandingkan harga pasar.  Yang patut diwaspadai, terkadang di lokasi car boot sale juga dijual barang yang illegal seperti barang curian maupun barang bajakan.

Keunikan car boot sale adalah kemungkinan untuk menemukan barang-barang langka atau barang-barang antik yang ternyata nilainya berkali lipat dari harga belinya. Sebagai contoh, kolektor film Gordon Hendry  membeli dua episode film seri televisi Doctor Who pada tahun 1980 an, seharga masing-masing £8. Belakangan dia baru tahu bahwa itu adalah kopi film satu-satunya yang masih ada (Wikipedia). Contoh lain, seorang wanita membeli suatu seri awal yang jarang ada dari Royal Doulton’s Bunnykins, dan tak lama kemudian ia menjualnya  dengan harga mendekati £4,000 (BBC).

Bila tertarik untuk terjun ke car boot sale, beberapa acara di BBC 1 seperti Car Booty, Bargain Hunt, serta Cash in the Attic yang ditayangkan secara bergantian setiap hari antara pk. 11.45 am. atau 12.15 pm akan membantu memberikan gambaran mengenai car boot sale.  Bila berminat untuk berburu barang antik,  jenis dan harga barang dapat dilihat antara lain di buku Miller’s Antique Price Guide yang terbit setiap tahun, atau lihat di http://www.ebay.co.uk atau http://www.bbc.co.uk/antiques/buying_and_selling/carbootsbuying.shtml.  Persiapan lain yang harus dilakukan adalah mengetahui lokasi-lokasi car boot sale, yang dapat diperoleh dari iklan koran-koran lokal, city council membuka website http://www.carbootcalendar.com/, atau membeli kalender car boot di lokasi car boot sale. Selain itu juga dapat mencari informasi lengkap di websites (gratis) lokasi carboot yaitu:

Berikut ini beberapa saran baik dari BBC, Manchester City Council maupun pengalaman pribadi bagi yang akan berbelanja ke car boot sale:

  • Pastikan lokasi car boot yang akan dikunjungi, telepon pengelola untuk memastikan ada/tidaknya car boot pada hari tersebut
  • Datang lebih awal, bagi yang sudah punya bayangan mengenai barang-barang yang akan dicari, agar tidak kehabisan / terdahului pembeli lain.
  • Teliti terlebih dahulu barang yang akan dibeli, (terutama barang2 pecah belah), apakah ada retak atau cacat
  • Jangan terbawa emosi membeli karena harga murah, karena akhirnya akan menjadi pemborosan
  • Hindari membeli barang2 elektronik, kecuali dapat dicoba di tempat atau memang barang baru
  • Hindari pula membeli barang-barang palsu, biasanya diumumkan di papan pintu masuk bahwa akan ada sanksi bagi pembeli maupun penjualnya.
  • Bawalah uang tunai berupa  uang kertas pecahan kecil dan coins. Cheques tidak diterima
  • Bawalah kantong belanja bekas atau tas belanja /ransel untuk menempatkan barang yang dibeli, karena ada kalanya penjual sudah kehabisan atau tidak menyediakan kantong ini.
  • Lebih baik cari tahu terlebih dahulu harga barang-barang yang akan dicari, misalnya dari sumber-sumber yang telah disebutkan di atas. Jangan ragu untuk menawar barang yang akan dibeli.
  • Jangan abaikan barang-barang yang diletakkan dalam kardus. Kadang kita dapat menemukan buku2 kuno atau kristal2 kuno.
  • Apabila memungkinkan, minta kepada penjualnya untuk membungkus barang yang kita beli secara aman.
  • Bawa senter pada musim winter, karena car boot sale dimulai saat masih gelap
  • Lihat ramalan cuaca pada hari itu. Berpakaianlah sesuai cuaca, jangan sampai kita kedinginan atau kepanasan. Topi akan sangat membantu.

S e l a m a t   B e r b u r u

*Oleh: Nining Bob

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s