Stoke On Trent

http://www.enjoyengland.com/Images/radC4DE7_tmp_tcm21-1041.JPGBagi pecinta keramik ‘Bone China’ Inggris, tentunya Stoke-On-Trent sudah tidak asing lagi. Sejak 300 tahun lalu Stoke-On-Trent telah memproduksi gerabah dan keramik yang berkualitas tinggi. Keramik ini banyak variasinya, mulai dari tableware yang beraneka warna yang kita kenal selama ini sampai bunga-bunga cantik dan  figurance yaitu  keramik berwujud manusia atau binatang. Kota Stoke-On-Trent dapat dicapai dengan bermobil melalui motorway M1 dan M6 ke arah Utara dari London selama kurang lebih tiga jam perjalanan. Yang patut diketahui mengenai kota ini adalah Stoke-On-Trent merupakan gabungan enam kota kecil yaitu: Tunstall, Burslem, Hanley (sebagai pusat kotanya), Stoke, Fenton dan  Longton yang juga dikenal dengan “The Potteries”.

Tentunya yang pasti tidak boleh dilewatkan adalah mengunjungi factory shop keramik yang konon kabarnya berjumlah kurang lebih 30. Anda tinggal menentukan toko mana akan dikunjungi karena setiap factory shop ini menjual brand-nya sendiri dengan keunikan masing-masing yang sebagian tentunya sudah tidak asing lagi seperti Wedgwood, Royal Doulton, Royal Minton, Portmeirion, Moorcroft, Spoode dan lain-lain. Harus pintar-pintar memilih dan mengatur waktu agar Anda memiliki waktu cukup mengunjungi toko yang diinginkan. Barang dengan second quality (imperfect) dijual dengan harga discount. Pada musim sale seperti pertengahan atau akhir tahun, jika beruntung Anda akan mendapatkan potongan harga yang jauh lebih menarik lagi.

Beberapa factory shop yang cukup besar membuka peluang untuk mengunjungi pabriknya (factory tour) -seperti misalnya  Wedgwood Visitor Center, Moorcroft Pottery atau Spode- untuk menambah pengetahuan Anda dan keluarga mengenai bagaimana rumitnya membuatnya keramik ini, atau sekedar mengunjungi museum mereka untuk mengamati perkembangan keramik dari masa ke masa. Ada baiknya sebelum melakukan factory tour ini, kontak mereka terlebih dahulu untuk memastikan kesediaan mereka menerima kunjungan Anda. Anda juga bisa menikmati keindahan julangan cerobong asap pembakaran yang terbuat dari batu bata yang berbentuk seperti botol di area ini, dimana sebagian di antaranya masih berfungsi.

Jika Anda telah puas membelanjakan Poundsterling di factory shop dan Anda masih punya kesempatan menambah wawasan tentang perkembangan keramik ini, sisirilah Trent and Mersey Canal mulai dari  Longport Marina sampai ke puncak Stoke Locks. Kanal -termasuk salah satu yang tertua di Inggris ini, dibangun tahun 1777- banyak berjasa dalam menunjang transportasi bahan mentah maupun distribusi keramik yang telah jadi. Tidak jauh dari kota ini, Alton Towertheme park yang ternama di Inggeris- dan Waterworld on Festival, merupakan sebuah alternatif menarik untuk hiburan keluarga.

(Sumber : www.manchester2002-uk)

*Oleh: Dara Arief 
Image from: http://www.enjoyengland.com/Images/radC4DE7_tmp_tcm21-1041.JPG 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s