Penggalangan Dana Bagi Korban Gempa Jogjakarta

Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban bencana gempa di Jogya 27 Mei 2006 lalu, pada tanggal 27 Juni 2006 Dharma Wanita Persatuan KBRI London menyelenggarakan acara penggalangan dana.  Acara yang dikemas dalam bentuk Coffee Morning tersebut diadakan di KBRI London dan dihadiri sekitar 70 orang undangan yang berasal dari kalangan diplomatic-wives, organisasi-organisasi sosial, dan mitra kerja Dharma Wanita Persatuan KBRI London.

Acara dibuka tepat pukul 10.30 dengan duet petikan Kecapi Suling oleh Maulana dan Rachel, yang membawa seluruh undangan seolah-olah berada di suasana alam pedesaan Jawa Barat.  Kemudian sambutan disampaikan oleh Ibu Sranya B. Natalegawa, dilanjutkan oleh sambutan dari Duta Besar RI untuk Inggris Raya, Bapak Marty Natalegawa. 

Dalam sambutannya  Ibu Sranya B. Natalegawa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, serta menyampaikan simpatinya untuk korban gempa.  Sedangkan Bapak Marty Natalegawa menjelaskan situasi dan keadaan Jogya pasca gempa, sekaligus menyampaikan kepada para hadirin untuk tidak ragu-ragu berkunjung ke Indonesia dan Jogyakarta, karena melalui kunjungan tersebut akan dapat mempercepat proses pemulihan kehidupan perekonomian di wilayah Jogyakarta. Diakhir pidato, Dubes mengucapkan terima kasih atas kemurahan hati para undangan yang telah memberikan sumbangannya untuk membantu para korban gempa bumi di Jogyakarta dan Jawa Tengah. Ditegaskan pula bahwa seluruh sumbangan tersebut akan disalurkan dan disampaikan kepada para korban dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.  

Usai tari Merak yang  dibawakan dengan mempesona oleh Ny. Wenny Otto, suasana berganti mengharukan saat ditayangkan foto-foto pasca gempa yang mengambarkan situasi  yang sangat memilukan. Beberapa undangan tampak berusaha keras menahan air mata yang tak urung menitik juga.

Acara selanjutnya yang menarik dan mendapat sambutan baik adalah pelelangan barang berupa kerajinan khas Indonesia sumbangan anggota DWP. Lelang ini dipandu oleh Ibu Sranya Natalegawa. Dalam waktu relatif singkat, barang-barang tersebut habis terjual. Selain memperoleh barang-barang yang unik, undangan sekaligus menyampaikan sumbangan.

Dari acara ini DWP KBRI London berhasil menggalang dana sebesar  £ 2644,  yang akan disalurkan kepada korban gempa melalui Palang Merah Indonesia.

Terima kasih yang sangat mendalam, kami sampaikan kepada semua pihak atas bantuan moril dan spiritual atas kelancaran pelaksanaan acara ini  serta kemurahan hati yang telah diberikan.

*Oleh: Ida Pradopo 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s