Menyimpan Makanan di Musim Panas

Dengan suhu yang meningkat pada musim panas, anda akan memerlukan lemari pendingin anda bekerja optimal.  Namun sebaiknya juga anda ketahui tips-tips penting dalam menyimpan makanan dan menggunakan lemari pendingin.

  • Bawalah makanan beku (frozen food) dan  makanan dingin (chilled food) sesegera mungkin pulang setelah selesai berbelanja dan langsung disimpan di lemari pendingin. Gunakan kantong tertutup membantu makanan tersebut tetap dingin sebelum sempat dimasukkan ke dalam lemari pendingin.
  • Tutuplah selalu makanan yang tersimpan dengan menggunakan kotak tertutup, atau bungkus dengan menggunakan cling film atau foil.
  • Awasilah selalu tanggal kadaluarsa setiap makanan yang tersimpan di dalamnya. Bila lemari pendingin terlalu penuh, pengawasan tanggal kadaluarsa ini akan mudah terlewatkan. Tempatkan makanan baru di bagian belakang, sehingga makanan yang harus segera dikonsumsi tidak terlewatkan. Periksa lemari es paling tidak sekali seminggu dan buanglah makanan yang telah kadaluarsa.
  • Simpanlah makanan yang telah dicairkan (defrosted) dan dibumbui (marinated) di dalam lemari pendingin, dan tutuplah rapat sehingga bakteri tidak mudah masuk.
  • Sebisa mungkin, kurangilah lamanya menempatkan makanan di luar lemari pendingin
  • Jangan pernah menyimpan daging dan ikan mentah berdekatan dengan makanan masak, keju, atau makanan siap saji, dan tutuplah rapat sehingga bakteri tidak mudah berpindah. Tempatkan di rak terbawah sehingga jika ada sisa yang tertumpah tidak mengenai makanan lain.
  • Jika makanan kaleng tidak langsung habis, jangan menempatkan sisa makanan didalamnyanya. Pindahkan ke kotak tertutup dan simpan di lemari pendingin.
  • Jangan biarkan pintu lemari pendingin terbuka terlalu lama.
  • Jangan menempatkan makanan terlalu banyak / berlebihan, sehingga udara dingin di dalamnya tidak mampu bersirkulasi secara baik. Bersihkan lemari pendingin secara teratur dengan  menggunakan air sabun, bilas dengan air bersih, dan usap dengan tissue dapur. Bersihkan segera tetesan makan yang tertumpah. Jangan sekali-kali menggunakan produk kimiawi sehingga dapat merusak lapisan permukaan lemari pendingin dan merusak pula cita rasa makanan di dalamnya.
  • Jangan menempatkan makanan yang terlalu panas di dalamnya karena akan meningkatkan suhu di dalam lemari pendingin sehingga menjadi tidak aman lagi untuk penyimpanan makanan. (Sumber : ASDA magazine)

*Oleh: Dara Arief

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s