Listi, Diplomat Muda yang Energik

Senyum Listi

Bandung, 17 Maret 1971 lahir seorang bayi mungil bernama Listiana Operananta (Listi) yang semula berprofesi sebagai wartawati, kemudian hijrah ke Departemen Luar Negeri pada tahun 1997 menjadi seorang diplomat muda dan kini bertugas pada KBRI London sebagai sekretaris Duta Besar dengan gelar diplomat Sekretaris II. Anak dari seorang dosen Psikologi ini memilh kuliah di Universitas Parahiyangan Fak. HI dan meneruskan S-2nya di Universitas Indonesia.

Seperti halnya anak-anak pada umumnya mempunyai cita-cita, Listi kecil bercita-cita menjadi astronot yang terinspirasi dari bacaan seri cerita bergambar kisah Tintin dengan judul “Explorers on the Moon”. Setelah remaja,  cita-cita tersebut berubah setelah melihat sang ayah sering melakukan penelitian ke berbagai tempat di Indonesia, seolah-olah sangat menyenangkan bila bepergian dan menjelajah ke tempat-tempat baru, sehingga ada keinginan kuat untuk mengikuti jejak sang ayah untuk berpetualang.

Listi yang kreatif memulai meniti kariernya semenjak kuliah sebagai dubber untuk beberapa cerita seperti film China dan India. Disamping itu juga sebagai freelance translater bahasa Inggris dan Perancis untuk perusahaan2 Public Relation Agency.

Setelah menyelesaikan kuliahnya Listi menekuni bidang barunya sebagai wartawati di harian Jakarta Post. Hobi menulis, membaca dan membuat jurnal menjadikan wartawati sebagai pilihannya. Ketertarikannya pada bidang jurnalis juga terinspirasi setelah membaca sebuah artikel di harian Surat Kabar tentang tewasnya wartawan muda asing berusia 19 tahun, yang sudah dapat meliput berita-berita di berbagai negara pada saat meliput berita di Nairobi, Kenya.

Banyak suka duka menjadi seorang wartawati. Awal memasuki dunia wartawan, Listi selalu dinstruksikan untuk  meliput berita-berita kriminal dan kecelakaan, sehingga mengharuskannya selalu berurusan dengan polisi dan bahkan kadang-kadang mencari berita di dalam kamar mayat.  Pengalaman menarik lainnya yang tidak pernah terlupakan adalah mencegat dan mewawancarai seorang menteri di dalam toilet pria. Pengalaman2 dari pekerjaannya yg selalu mengharuskan target cetak/tayang secara tidak langsung membentuk karakter Listi menjadi seorang yg tidak mudah menyerah dan patah semangat dalam menyingkap suatu masalah yg dihadapi

Sebagai seorang wartawati, Listi merasa hanya bisa menulis berita. sementara ada keinginan untuk membuat berita, berangsur-angsur keinginan itu ditumbuhkan dengan berpindah karier menjadi seorang diplomat pada Departemen Luar Negeri.

Keberuntungan terus mengikuti Listi, posting pertamanya di KBRI London dapat menyalurkan semua cita2nya sebagai diplomat karier. Baginya London adalah sebuah impian yang jadi kenyataan. Mengenai London sudah diketahuinya dari semasa kecil mulai dari buku2 yg dibaca seperti Sherlock Holmes, Agatha Christy, 5 sekawan dan masih banyak lagi

Semua perjalanan karier Listi tidak lepas dari pengaruh dan dukungan ayahandanya mulai dari cara berpikir, bersikap, dan mengarahkan karir apa yang terbaik. Karier ibu dari 2 putri ini tidak lepas pula dari dukungan keluarga terutama suami. Adanya  komitmen dan pengertian yang baik, memperlancar  keharmonisan jalannya karier dan keluarga. Segala hambatan dapat diatasi dengan adanya saling pengertian dan keterbukaan.

Pengalaman yang dapat diambilnya sebagai diplomat yaitu banyak hal baru yang bisa dipelajari dan wawasan menjadi lebih luas. Semua itu menjadi motivasi yang sangat mendukung Listi utk memilih karier sebagai diplomat wanita.

Mudah2an perjalanan karier dari seorang Listi bisa menjadi inspirasi bagi kita semua khususnya bagi wanita Indonesia bahwa wanita bekerja pun mampu membagi waktu antara karier dan keluarga dengan baik.

*Oleh: Lita Winadi, (pewawancara: Lita Winadi & Henny Iroth)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s