Trooping The Colour

http://www.trooping-the-colour.co.uk/Telah menjadi tradisi turun-temurun bahwa setiap hari Sabtu minggu ke dua atau ke tiga di bulan Juni bangsa Inggris akan memperingati secara resmi hari ulang tahun raja atau ratunya. Demikian pula halnya yang akan dilaksanakan pada tahun ini.  Meskipun sang Ratu Elizabeth II lahir pada tanggal 21 April, sesuai tradisi peringatannya secara resmi akan dilaksanakan pada hari Sabtu 17 Juni 2006 dengan upacara  yang disebut Trooping the Colour.        

 Trooping the Colour atau yang lebih dikenal sebagai “Parade Ulang Tahun Ratu” merupakan parade pasukan pengawal ratu atau  The Queen’s Household Division.  Dalam parade yang berlangsung di Horse Guards Parade di seberang St. James Park ini, pasukan The Queen’s Household Divison  dengan membawa (troop) tunggul kehormatan resimennya (the colour) berbaris melintasi panggung kehormatan dan memberikan penghormatan pada Ratu (itulah sebabnya upacara ini disebut Trooping the Colour). Pasukan ini termasuk pasukan berkuda, pasukan jalan kaki, pasukan artileri serta korps musik, dari semua pasukan pengawal Ratu dengan seragamnya yang indah.

Selain undangan, kita juga dapat hadir dalam acara ini dengan membeli tiket.  (Jika berminat dapat melihat detailnya di Ideas/Events/January)  Tanpa tiket pun kita masih bisa menikmati pasukan yang berbaris dari istana Buckingham  menuju Horse Guards Parade dengan bersiap-siap mengambil tempat sebelum jam 10.30 (berdiri tentunya) di the Mall di depan istana Buckingham.  Bubar parade, pasukan akan melintas kembali menuju istana sekitar pukul 12.15 siang.  Bila ingin dapat posisi bagus, sebaiknya datang lebih awal, karena peminat untuk menyaksikan kegiatan ini secara gratis cukup banyak

Selain pasukan, kita juga bisa menyaksikan Ratu dan keluarga kerajaan lain yang hadir pada parade berkereta kuda melintasi the Mall. Setelah itu, penonton akan bergerak ke depan istana Buckingham di mana Ratu dan anggota keluarga kerajaan akan muncul di balkon untuk menyaksikan atraksi pesawat tempur yang terbang melintasi istana.  Upacara lebih lengkap bila dilihat dari TV. (BBC1 membuat siaran langsung di pagi hari, sedangkan siaran ulangannya dapat dilihat di BBC2. Lebih lengkap lihat di http://www.royal.gov.uk/output/page370.asp.)

Sebagai tambahan informasi, sebelum pelaksanaan upacara Trooping the Colour dilaksanakan dua kali gladi, gladi kotor dan gladi bersih. Gladi kotor pada hari Sabtu tanggal 3 Juni yang disebut Major General’s Review of Trooping the Colour, serta gladi bersih pada hari Sabtu tanggal 10 Juni yang disebut Colonel’s Review of Trooping The Colour  yang dimulai pukul 11.00 pagi di Horse Guards Parade.

*Oleh: Pratiwi Herman
Image from: http://www.trooping-the-colour.co.uk/ 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s