Sabar Dalam Ujian

Bencana alam yang berturut-turut terjadi di tanah air, dari sejak tsunami, banjir bandang, hingga yang baru saja terjadi yaitu gempa tektonik yang meluluh lantakkan beberapa wilayah di Jogjakarta, mengingatkan betapa satu-satunya pilihan kita dalam menghadapinya adalah sabar.

Meskipun berbagai bentuk perhatian dari masyarakat dunia terus mengalir kepada korban bencana, tetapi pasti tak ada yang bisa menggantikan apa yang telah hilang. Memang sabar adalah sebuah kata sederhana yang mudah diucapkan tetapi tak mudah untuk diterapkan. Karena betapa sesungguhnya sebuah ujian atau cobaan itu adalah sebuah kepastian dari Tuhan untuk manusia, sedangkan sabar adalah pilihan. Apakah kita akan menyikapi ujian dengan sabar ataukah tidak, mutlak menjadi pilihan individu.

Seorang filsuf terkemuka asal Jerman, Hegel, mengatakan sebuah kata bijak bahwa kesulitan merupakan sebuah kejadian yang logis, pertanda kehidupan, dan motivator bagi perbaikan. Dari sini kita bisa merenungi dan mencari hikmah di balik sebuah bencana. Kita jadi belajar bagaimana cara mendeteksi dini sebuah bencana, kita tergerak untuk mempelajari bagaimana membangun sebuah bangunan yang lebih tahan gempa, termotivasi untuk lebih siap bila sewaktu-waktu terjadi bencana lagi.

Sebuah hal luar biasa juga terjadi dalam sebuah bencana, yaitu bersatunya manusia dari seluruh dunia dalam kepedulian bersama atas kusulitan yang menimpa sesama di belahan dunia lain.

Masyarakat kita, Indonesia, dalam perjalanannya sebagai sebuah bangsa, telah menghadapi berbagai bencana alam dalam sejarahnya. Sebuah perjalanan panjang yang menjadikan bangsa kita lebih dewasa dan kuat menghadapinya, sabar dalam menyikapinya. Karena kita tahu, dunia memiliki keseimbangannya tersendiri, dan  bencana alam yang terjadi adalah sebuah kejadian alam menuju sebuah keseimbangan. Semoga, kita memilih sabar dalam setiap ujian hidup kita.

*Oleh: Shinta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s