PUBLIC SPEAKING

“THE ACT, ART OR PROCESS OF MAKING EFFECTIVE SPEECHES BEFORE AN AUDIENCE"

Setiap orang memiliki kemampuan menulis dan menyampaikan pidato di depan umum dan hampir dipastikan bahwa setiap orang akan menghadapi situasi yang mengharuskannya untuk melakukan public speaking. Meskipun terdapat pandangan bahwa public speaking adalah bakat yang dimiliki oleh sebagian orang (innate talent) namun public speaking sebenarnya adalah ilmu yang dapat dipelajari.

PUBLIC SPEAKING  adalah materi yang  disampaikan pada pertemuan anggota Dharma Wanita Persatuan KBRI London oleh Duta Besar LBBP RI untuk Inggris Bapak Dr. RM Marty Muliana Natalegawa, M.Phil, B.Sc.  pada hari Jumat tanggal 12 Mei 2006 ini, mendapat tanggapan yang sangat baik oleh pendengar yaitu anggota Dharma Wanita Persatuan KBRI London.
 
Pendengar sangat antusias dengan materi yang diberikan sehingga pada saat diberikan waktu untuk tanya jawab, banyak yang mengajukan pertanyaan. Beberapa pertanyaan yang diajukan yaitu :
 
1. Bagaimana mengatasi rasa kepercayaan diri yang hilang bila penyampai pidato mengetahui  bahwa  pendengar kurang tertarik atau bahkan tidur disela-sela pidato ?

Kalau mendapatkan situasi yang seperti ini kita buat suatu joke atau lelucon sehingga membuat pendengar ingin tahu apa yang akan kita sampaikan, dan tertarik kembali kepada situasi dimana audience sedang mendengarkan suatu pidato atau ceramah.

2. Bagaimana mengatasi ketidakpahaman penyampai pidato terhadap skenario lokasi atau situasi?

Pentingnya mengetahui keadaan lokasi dan situasi  know the room or the stage, sebelum acara dimulai kenali atau pahami lokasi dan situasi serta bagaimana pidato tersebut akan berlangsung, sehingga sebelum dan sesudahnya pidato akan berlangsung dengan baik dan lancar.

3. Bagaimana mengatasi audience/ pendengar yang sekiranya kontra dengan keberadaan kita?

Pentingnya know the audience yaitu benar-benar memahami bagaimana pendengar, keuntungannya  kita dapat mengantisipasi dengan data-data yang ada (pentingnya pula know the material) sehingga  audience tidak dapat menjatuhkan pernyataan pernyataan yang telah disampaikan.

Dengan memahami ilmu dan seni mengenai public speaking, pasti akan sangat membantu kita ketika harus menghadapinya sewaktu-waktu. Untuk isi ceramah mengenai public speaking selengkapnya dapat dilihat di: http://dwplondonmedia.blogsome.com/public-speaking/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s