Myanmar Asean Ladies Coffee Morning

Usai menjadi tuan rumah coffee morning bagi ASEAN Ladies akhir April lalu,  hari Selasa 23 Mei kemarin ibu-ibu DWP KBRI London menjadi undangan pada acara ASEAN Ladies Coffee Morning yang diselenggarakan oleh ibu-ibu Kedutaan Besar Myanmar di London.

Acara yang dimulai tepat pukul 10.30 pagi tersebut dihadiri oleh para istri diplomat dari negara-negara ASEAN yang ada di London.  Pada kesempatan ini undangan dihibur dengan permainan alat musik tradisional Myanmar yang disebut Saung atau harpa Myanmar yang dimainkan oleh mr. Nei Wah dan Mrs. Khin Phyu Kyi.

Saung adalah alat musik tradisional yang telah dikenal luas di Myanmar  sejak abad ke-9.  Alat musik dari kayu ini  bentuknya menyerupai gondola dengan satu kepalanya dihilangkan.  Pada jaman dahulu senar yang digunakan terbuat dari sutera.  Namun sekarang lebih banyak digunakan nylon karena keahlian untuk membuat senar dari sutera sudah semakin langka.  Pemerintah Myanmar melaksanakan kompetisi pertunjukan seni setiap tahun (diantaranya pertunjukan saung) untuk memelihara kelestarian budayanya.

Acara ditutup dengan sajian teh kopi serta makanan kecil khas Myanmar.

Oleh : Rumenta Siregar & Pratiwi Herman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s