INFO

  • May Day, apakah itu?  Ternyata hari yang jatuh pada tanggal 1 Mei setiap tahun ini adalah peringatan hari buruh internasional.  Menjadi kebiasaan pada tanggal ini para buruh dan orang-orang yang memprotes sistem sosial yang ada, akan melakukan demonstrasi.    Pilihan tanggal ini terkait dengan peristiwa di Amerika Serikat pada tanggal 1 Mei 1886, dimana terjadi pemogokan umum di Chichago yang berakhir dengan kerusuhan.  Akibat peristiwa ini 6 orang dieksekusi.  Namun ternyata di wilayah UK May Day diperingati dengan cara yang berbeda-beda. Di Rochester (Kent) pada tanggal ini berlangsung Sweeps Festival.  Pada festival ini antara lain dilaksanakan  Morris Dancing di jalanan, storytelling di pusat kegiatan Charles Dickens, serta funfair di castle.  Sedangkan di Hastings berlangsung Jack-in- the-green, yang merupakan perayaan May Day tradisional di sana (lihat http://www.jack-in-the-green.co.uk )
  • Final piala FA, final kompetisi sepakbola antar klub di England dan Wales ini berlangsung tanggal 13 Mei di Cardiff’s Millennium Stadium.  Tapi untuk dapat tiketnya sulit sekali, jadi lebih baik lihat siarannya di BBC1, atau bila sedang mengemudi dapat mendengar di Radio 5 Live (ingatkan bapak-bapak ya bu ….)
  • Day of Dance, berlangsung pada hari Sabtu 13 Mei 2006 di beberapa lokasi sekitar Westminster London.  Berita lengkapnya dapat dilihat di http://www.westminstermorris.org.
  • Covent Garden May Fayre and Puppet Festival. Pada hari Minggu 14 Mei mulai pukul 12.00 sampai 05.30 pm,  Punch and Judy Show serta pertunjukan lain (berbagai puppet show dan workshops, folk music & dancing, clowns & jugglers) berlangsung di taman gereja St. Paul, Bedford Street, London WC2  (Covent Garden). Gratis.
  • Adult Learners’ Week, berlangsung antara 20 Mei s.d 26 Mei 2006.  Dilaksanakan berbagai kegiatan  gratis di masing-masing council yang memberi kita kesempatan untuk mengetahui jenis-jenis kursus yang diadakan.  Cari detailnya di councils’ website anda untuk mengetahui detail events di wilayah anda.
  •  Chelsea Flower Show.  Pameran bunga London yang terkenal ini berlangsung 23 s.d 27 Mei 2006 di wilayah Chelsea, tepatnya di Eastern Avenue, dekat Sloane Square underground station.  Untuk mendapat tiketnya harus memesan jauh hari sebelumnya.  Detail lengkap dapat dilihat di http://www.rhs.org.uk/chelsea
  • Late May Bank Holiday.  Tanggal 29 Mei ini merupakan  public holiday di UK.

*Oleh: Pratiwi Herman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s